Peningkatan Semangat Menghargai Perbedaan Melalui Sosialisasi Produksi Konten Positif Bernuansa Kebhinekaan di Desa Kunden

Riana Aprilia(1), Andy Suryadi(2), Eva Syafira(3), Qovita Ruanjali Asya(4), I’zaz Artnandya Nugraha(5), Ismed Basuki Cahyono(6),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(6) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak.  Isu diskriminasi masih menjadi topik hangat di laman berita Indonesia. Hal tersebut tentu berlawanan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila terutama sila ke-tiga yang berbunyi : “Persatuan Indonesia”. Karena itu, perlu adanya refleksi diri pada setiap rakyat Indonesia terutama generasi muda dalam memaknai perbedaan sebab generasi muda berperan sebagai Agent of Change yang memiliki arti penting dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya degradasi moral tersebut mejadikan alasan bagi kami sebagai Tim UNNES Giat 5 Desa Kunden, Kecamatan Karanganom untuk melakukan sebuah gerakan dalam memproduksi konten positif bertemakan perbedaan. Sosialisasi ini dibagi menjadi 2 sesi utama yaitu, sesi pembuatan poster dan sesi pembuatan video Pembuatan poster menggunakan media canva. Adapun pembuatan video melibatkan 2 tokoh masyarakat yang berpengaruh di Desa Kunden Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menanamkan semangat menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa yang beragam. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya poster-poster bernuansa pancasila dan satu video bertema toleransi.

Abstract. The issue of discrimination is still a hot topic on Indonesian news websites. This is certainly contrary to the values contained in Pancasila, especially the third precept which reads: "Indonesian Unity". Therefore, there is a need for self-reflection for every Indonesian people, especially the younger generation, in making sense of differences because the younger generation acts as an agent of change which has an important meaning in social life. The existence of this moral degradation is the reason for us as the UNNES Active 5 Team in Kunden Village, Karanganom District to carry out a movement in producing positive content with the theme of difference. This socialization was divided into 2 main sessions, a poster making session and a video making session. Making posters using Canva media. The making of the video involved 2 influential community leaders in Kunden Village, Karanganom District, Klaten Regency. This socialization activity aims to instill the spirit of maintaining the harmony and integrity of diverse nations. The result of this activity was the creation of Pancasila-themed posters and a video on tolerance

Keywords: Diversity; Pancasila; Posters; Videography 

Full Text:

PDF

References

Asda, Patria. (2021). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Di SMK Kesehatan Amanah Husada, Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2):141–44.

BBC News. (2022) Tak ada gereja di Kecamatan Maja, umat Kristen dilarang ibadah Natal di ruko: 'Ini jelas bentuk diskriminasi'

Chairiyah, C. (2014). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pendidikan karakter. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1)

Inkana Putri. (2023). “Bamsoet: Diskriminasi Terhadap Perempuan di RI Masih Mengkhawatirkan”. detikNews.

Kabelen, Nicholas. (2020). Perkembangan Videography dari Ilmu hingga menjadi sebuah Profesi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 4(2) : 79-86

Kumawi Basyir, D. (2013). Pancasila dan Kewarganegaraan. Surabaya: Sunan Ampel Press

Kusumawardani, F., Akhwani, Nafiah, Taufiq,M.(2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6 (1) : 1-10

Muharam, Ricky Santosa. (2022) "Membangun Toleransi Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo." Jurnal HAM 269.

Nutrifiyanti,M., Nursa’adah, F., Masruroh, A. (2022). Sosialisasi Penggunaan Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran. Community Development Journal, 3(3) : 1432-1437

Pawar Prakash , 2017,A Brief Study on Video Editing Softwares: Final Cut Pro and Adobe Premiere Pro India International Journal of Engineering Science and Computing

Purnama, F., & Ananda, A. (2020). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Generasi Muda Karang Taruna Balai Tongah Koto. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 8(2) : 126-133

Ramadhani, Suci Nur, Sapto Adi, and Rara Warih Gayatri. (2020). “Efektivitas Penyuluhan Berbasis Power Point Perilaku Tentang Pencegahan Cacingan.” Preventia: Indonesian Journal of Public Health 5(1):8–16

Sunoto, I., & Nulhakim, A. L. (2017). Mengukur Tingkat Partisipasi Pemuda dalam Program Karang Taruna dengan Pengekatan Metode Fuzzy Infrence System Mamdani. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2) : 711–720

Supradaka. (2022). “Pemafaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis”. Jurnal IKRAITH, 6(1)

Susilowati & Masruroh. (2018). Merawat Kebhinekaan Menjaga Keindonesiaan: Belajar Dari Nilai Keberagaman Dan Kebersatuan Masyarakat Pulau. Jurnal Sejarah Citra Lekha. 3(1) : 13-19

Syukhria, R & Nurhamidah, D. (2021). Aplikasi Inshot sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Indonesia. 21(1) : 34-40. ISSN : 1412-565 X

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2) :79–85.

Widodo, A. (2017). Program pemberdayaan ‘sedekah pohon pisang’: Peran Karang Taruna di Desa Gandri Lampung Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1) : 1–18

Yolanda, d. (2019). Pancasila Sebagai Dasar Negara.

Zhang, Y. (2019a). The Effect of Metaphorical Competence on Students’ Writing Skills. Creative Education, 10(1), 151–155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo