Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Asam Amino pada Kelompok Tani di Kelurahan Tambakrejo

Nana Kariada Tri Martuti(1), Fiqih Ramadhan Pratama(2), Ika Nura Fina(3), Sinta Wiwik Ariyani(4),


(1) Biologi, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(2) Biologi, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(3) Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Semarang
(4) Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Kelurahan Tambakrejo merupakan salah satu Kelurahan yang ada di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Kelurahan Tambakrejo memiliki kelompok tani, yang diberi nama KT Tambakrejo, yang telah melakukan budidaya sayuran di Kebun Pancasila RW2. Masalah yang dihadapi oleh KT Tambakrejo, adalah kondisi tanaman yang mengalami pertumbuhan kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman yang kurus dan tidak subur. Untuk pengatasi permsalahan tersebut, diperlukan adanya pemberian pupuk yang dapat memacu pertumbuhan tanaman. Pembuatan pupuk organik cari (POC) asam amino bertujuan untuk dapat mengatasi masalah dalam penyediaan nutrisi pada tanaman dan mengatasi terhambatnya pertumbuhan pada tanaman. Manfaat yang didapat dari POC asam amino pada kesuburan tanah dengan nutrisi yang baik. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah penyuluhan dan peraktek secara berkala yaitu setiap hari minggu dengan materi berupa permasalahan yang ada di area urban farming. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat POC asam amino diantaranya adalah air kelapa, EM4, yakult, ikan, kulit jeruk, kulit pisang, nanas, gula merah. Seluruh bahan di potong menjadi bagian yang lebih kecil dan digabungkan dengan takaran tertentu dan di diamkan selama kurang lebih 40 hari. Dalam kegiatan ini diikuti oleh kelompok tani, perwakilan dinas pertanian, dan KKN UNNES GIAT 5 yang terlihat antusias mengikuti pelatihan untuk mengatasi masalah pada tanaman dan tanah dengan pembuatan poc asam amino.

Abstract. Tambakrejo Village is one of the Villages in Gayamsari District, Semarang City. The Tambakrejo sub-district has a farmer group, which is named KT Tambakrejo, which has been cultivating vegetables in the Pancasila Garden RW2. The problem faced by KT Tambakrejo is the condition of the plants that are experiencing poor growth. This can be seen from the growth of plants that are thin and infertile. To overcome this problem, it is necessary to apply fertilizers that can stimulate plant growth. Making amino acid search organic fertilizer (POC) aims to be able to overcome problems in supplying nutrients to plants and overcoming growth retardation in plants. The benefits obtained from POC amino acids on soil fertility with good nutrition. The method used in this activity is counseling and practice on a regular basis, namely every Sunday with material in the form of problems that exist in the urban farming area. Materials that can be used to make POC amino acids include coconut water, EM4, yakult, fish, orange peels, banana peels, pineapples, brown sugar. All the ingredients are cut into smaller pieces and combined with a certain measure and left for about 40 days. The activity was attended by farmer groups, representatives of the agricultural service, and KKN UNNES GIAT 5 who looked enthusiastic about participating in training to solve problems in plants and soil by making amino acid pocs.

Keywords: Liquid Organic Fertilizer; Plant Nutrition; Farmers

Full Text:

PDF

References

Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). Pertanian Perkotaan: Urgensi, Peranan, dan Praktik Terbaik. Jurnal Agroteknologi, 10(1), 49–62.

Hadisuwito, S. (2012). Membuat pupuk organik cair. AgroMedia.

Handayani, W., Nugroho, P., & Hapsari, D. O. (2018). Kajian potensi pengembangan pertanian perkotaan di kota semarang. Jurnal Riptek, 12(2), 55-68.

Kosokot, M. L. (2023). Pembuatan pupuk organik asam amino kepada

Kelompok tani muda. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 77–81. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.77-81

Ma’arif, I. B., Faizah, M., & Kumalasari, R. (2020). Workshop Pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) pada Kelompok Tani Desa Mojokambang Kabupaten Jombang. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-13.

Nugroho, O. (2021). Kombinasi POC Asam Amino dan Pupuk Bokasi Pada Budidaya Jagung di P4S Bintang Tani Sejahtera Kabupaten Bondowoso.

Sudjud, S., & Rasulu, H. (2021, December). Urban Farming Sistem Hidroponik Pada KWT Melati Ngade Ternate Di Era Kenormalan Baru. In

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Vol. 2, pp. 840-851).

Sulistyaningsih, C. R. (2020). Pemanfaatan limbah sayuran, buah, dan kotoran hewan menjadi Pupuk Organik Cair (POC) di kelompok tani Rukun Makaryo, Mojogedang Karanganyar. Jurnal Surya Masyarakat, 3(1), 22-31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo