Pengembangan Perpustakaan Desa Candisari untuk Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat Desa
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
(4) Pendidikan Tata Kecantikan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(5) Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang
Abstract
Abstrak. Mayoritas warga Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tidak melanjutkan pendidikan setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya budaya literasi dan pemahaman mereka terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan budaya literasi. Salah satunya lewat pengadaan perpustakaan desa. Hasil observasi menunjukkan bahwa sarana dan prasarana Perpustakaan Desa Candisari masih terbatas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan perpustakaan di Desa Candisari untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat setempat. Tahapan pengabdian ini adalah observasi, koordinasi, pelaksanaan kegiatan, dan penginformasian atau sosialisasi. Hasil kegiatan ini berupa tercapainya penambahan koleksi bahan bacaan, klasifikasi bahan bacaan, pemberian label identitas pada bahan bacaan, penataan, dan pengategorian bahan buku. Lewat kegiatan ini, diharapkan budaya literasi warga masyarakat Candisari meningkat.
Abstract. The majority of residents of Candisari Village, Windusari District, Magelang Regency, Central Java, do not continue their education after completing elementary school. This is one of the causes of low literacy culture and their understanding of various aspects related to community life, so efforts are needed to improve literacy culture. . One of them is through the provision of a village library. The observation results show that the facilities and infrastructure of the Candisari Village Library are still limited. This community service activity aims to develop a library in Candisari Village to improve the literacy culture of the local community. The stages of this service are observation, coordination, implementation of activities, and information or socialization. The results of this activity are the achievement of increasing the collection of reading materials, classifying reading materials, giving identity labels to reading materials, arranging and categorizing book materials. Through this activity, it is hoped that the literacy culture of the Candisari community will increase.
Keywords: Literacy; Village Library; Reading HabitFull Text:
PDFReferences
Gorzycki, M., Desa, G., Howard, P. J., & Allen, D. D. (2020). “Reading is important,” but “I don’t read”: Undergraduates’ experiences with academic reading. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 63(5), 499–508. https://doi.org/10.1002/jaal.1020
Hakim, M. N. (2021). Studi tingkat literasi membaca mahasiswa selama pembelajaran daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77-87.
Irsan. (2019). Transformasi Perpustakaan Umum Sebagai Ruang Pelibatan Masyarakat (Studi Kasus: Dinas Perpustakaan Umum dan Kearsipan Kabupaten Enrekang ). Media Pustakawan, 26(3), 245–253.
Permatasari, A. (2015, December). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (Vol. 148). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Rustiarini, N. W., & Dewi, N. K. C. (2021). Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8-15.
Widayanto, M. T. (2020). Optimalisasi perpustakaan desa untuk meningkatkan budaya literasi di Desa Jatiadi, Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(01), 32-39.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa
Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311 e-ISSN 2775-4375
Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.