Peningkatan Kesadaran Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN 01 Bergas Lor Kabupaten Semarang

Anisa Cahyani(1), Annisa Widiyanti(2), Divanti Mariska Hardining Hapsari(3), Muhammad Musta'in(4), Cahyo Yuwono(5),


(1) Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang
(4) Kelurahan Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semaran
(5) Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan siswa-siswi sekolah dasar merupakan hal yang penting untuk ditanamkan sedari dini. Meningkatkan kesadaran para siswa merupakan salah satu kegiatan yang memberikan manfaat positif dan dampak jangka panjang yang krusial. Pada periode KKN UNNES GIAT 6 yang dilaksanakan di Kelurahan Bergas Lor, Kabupaten Semarang, para mahasiswa yang menjadi penggerak pengabdian memiliki program untuk memberi sosialisasi kepada anak-anak sejalan dengan memasifkannya penerapan perilaku bersih dan sehat. Metode sosialisasi yang digunakan oleh para mahasiswa adalah dengan penyampaian secara verbal, didukung oleh tayangan video informatif, kuis sederhana, dan praktik mencuci tangan di sekolah. Kegiatan ini memiliki tujuan pencapaian berupa peningkatan pemahaman untuk hidup bersih dan sehat bagi anak-anak guna mendukung kesehatan masyarakat.

Abstrak. The implementation of Clean and Healthy Living Behavior in the environment of elementary school students is crucial to instill from an early age. Enhancing students' awareness is one of the activities that provides positive benefits and crucial long-term impacts. During the period of KKN UNNES GIAT 6 held in Bergas Lor Village, Semarang Regency, the students who are the drivers of dedication have a program to provide socialization to children in line with intensifying the application of clean and healthy behavior. The socialization methods employed by the students include verbal communication, supported by informative video presentations, simple quizzes, and hands-on handwashing practices at school. This activity aims to enhance the understanding and behavior of clean and healthy living among children in supporting public health.

Keywords: Clean and Healthy Living Behavior; Students; Socialization

Full Text:

PDF

References

Chandra, Chandra, Akhmad Fauzan, and M. Febriza Aquarista. "Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Siswa Sekolah Dasar (Sd) Di Kecamatan Cerbon Tahun 2016." Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa 4, no. 3 (2017): 201-205.

Julianti, Ratna, Muhammad Nasirun, and Wembrayarli Wembrayarli. "Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah." Jurnal Ilmiah Potensia 3, no. 2 (2018): 76-82.

Putri, Rahma Azzahrah, Ina Magdalena, Ana Fauziah, and Fitri Nur Azizah. "Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar." Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1, no. 2 (2021): 157-163.

Nasiatin, Titin, and Irma Hadi. 2019. “Determinants of Clean and Healthy Behavior in Public Elementary School Students”. Faletehan Health Journal 6 (3), 118-24. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i3.111.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo