Penerapan Model Pendampingan Perikanan Terhadap Kemampuan Pengetahuan dan Keterampilan Teknis Pembenihan Ikan Nila

Iga Mawarni Ayu Lestari(1), Dwi Widjanarko(2), Rodia Syamwil(3),


(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Landak Kalimantan Barat, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Permasalahan pengembangan perikanan budidaya di Kecamatan Jelimpo adalah kurangnya akses informasi pada petani baik secara teknis maupun non teknis dalam pembenihan ikan. Tujuan penelitian ini adalah mengahasilkan model pendampingan pembenihan ikan nila yang valid dan efektif.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseadch and Development (R&D). Model pendampingan ini merupakan kegiatan pembelajaran yang berkerjasama dengan Balai Benih Ikan Jelimpo untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis untuk dapat menghasilkan benih ikan nila secara mandiri. Model pendampingan ini menekankan kegiatan pelatihan sebelum dilakukannya pendampingan. Implementasi Model ini dilakukan oleh fasilitator dari Balai Benih Ikan Jelimpo dengan mengambil 10 peserta dari petani ikan yang berminat untuk berhasil membenihkan ikan nila. Pendampingan dilakukan tiga kali pertemuan pada saat tahap kritis dalam pembenihan. Hasil model pendampingan menunjukkan bahwa model yang telah divalidasi oleh ahli yaitu sangat valid dengan skor rata-rata 88,50. Pada hasil uji coba terbatas juga menunjukkan bahwa model pendampingan pembenihan ikan nila dinilai efektif yaitu dihasilkan dari uji wilcoxon dengan signifikansi 0,005 < 0,05 hal ini mengindikasikan bahwa model dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis. Hasil pendampingan juga dilihat dari produktifitas petani pada benih ikan yang dinilai dari kualitas dan jumlah benih ikan nila.

 

The problem of the development of aquaculture fishery in Jelimpo sub-district is lack of information access to farmers both technical and non technical in fish hatchery. The purpose of this research is to produce a valid and effective tilapia seedling assistance model. The method used in this research is Reseadch and Development (R & D). This mentoring model is a learning activity in collaboration with Jelimpo Fish Seed Center to improve the knowledge and technical skills to be able to produce the tilapia fish independently. This mentoring model emphasizes training activities prior to mentoring. Implementation This model was conducted by a facilitator from Jelimpo Fish Seed Center by taking 10 participants from fish farmers who are interested to successfully nickle tilapia fish. Assistance was done three times during the critical stage in the hatchery. The results of the mentoring model show that the model that has been validated by the expert is very valid with an average score of 88.50. In the limited trial results also showed that the indonesian tilapia seeding assistance model is considered effective, resulting from the wilcoxon test with a significance of 0.005 <0.05 this indicates that the model can improve the knowledge and technical skills. The results of assistance are also seen from the productivity of farmers in fish seeds that are assessed by the quality and number of seeds.

Full Text:

PDF

References

Angela V, Aries K, Rukmadi W (2011) Kemampuan Daya Dukung Serta Penentuan Subsektor Andalan dan Unggukan Sektor Pertanian Kabupaten Landak. Agric Vol.19.No 1 dan no 2, 2007: 59-67.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. 2015. Kalimantan Barat Dalam Angka. Katalog BPS : 1102001.61. ISSN : 0215-2509.

H., G., & Rudhy, G. (2013). Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan di Lahan Gambut. Jurnal Media Kultur, 8, 13–21.

Hassan, A. (2012). A Review of Effective Mentoring Practices for Mentees Development. Journal of Studies in Education ISSN, 2(1), 2162–6952. https://doi.org/10.5296/jse.v2i1.1226.

Kamil. 2010. Model Pendidikan Dan Pelatihan. (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta. Bandung.

Meitaningrum, D. A., & Hardjanto, I. (2013). Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang ), 1(3), 192–199.

Mujiman, H. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widodo, J., & Raharjo, J. (2012). Pengembangan Model Pelatihan Ptk Berbasis Guru Matematika SMA di Kabupaten Brebes, 59–66.

Peraturan Direktur Jendral Perikanan Budidaya Nomor 113/Per-Djpb/2015 Tentang Rencana Strategis Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Tahun 2015-2019.

Suharto, E. 2006. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung : PT. Refika Pratama.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Cetakan pertama. Alfabeta: Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305