Utilizing Augmented Reality-Based Learning Media on Concrete Compressive Strengt Test Tool
(1) UKPBJ Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas of Teknik Universitas Negeri Semarang
(3) Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasongko, N., Khumaedi, M., & Sutopo, Y. (2021). The Practicality and Effectivity of Audiovisual Media Usage in Increasing Learning Output of Drawing Polygon. JVCE 6 (1), 58-68
Antonioli, M., Blake, C., & Sparks, K. (2014). Augmented reality applications in education. Journal of Technology Studies.
Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments.
Baharudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Skripsi tidak diterbitkan. UNY. Yogyakarta
Baharudin, A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Skripsi tidak diterbitkan. UNY. Yogyakarta.
Cahyono, D.N., Khumaedi, M., & Hadromi, H. (2021). The Impact of Audio-Visual Media toward Learning Result in the Subject of Seizing Picture. JVCE 6 (1), 1-10
Dwi, A.M., Hadromi, H. (2020). The Development of Interactive Learning Media Based Android Application Using Adobe Flash in Conventional Filing System. JVCE 5 (1), 21-28
Haller, M., Billinghurst, M. & Thomas, B., (2007). Emerging technologies Of Augmented Reality interface and design. Idea group Inc
Hermawan, L.,Hariadi, M. (2015) Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur. Seminar nasional teknologi informasi dan komunikasi: 81- 88.
Kecvara, O.P., et.al. (2021). The Use of Android Smartphone as An Effort to Increase Students’ Creativity in Learning Modern Hair Bun Course at Vocational High School in the Pandemic Era. JVCE 6 (2), 96-103
Kurniadi, Saidina Hamzah dan Denny. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(3), 146-157.
Mantasia. (2016). Pengembangan Teknologi Augmented Reality sebagai Penguatan dan Penunjang Metode Pembelajaran di SMK untuk Implementasi Krikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6 (3), 281-291.
Mareta, A. (2015). Implementasi Media Ajar Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality pada SMPN 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Skripsi tidak diterbitkan. UNS. Semarang.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13, 174–183
Nincarean, D., Alia, M. B., Halim, N. D. A., & Rahman, M. H. A. (2013). Mobile Augmented Reality: The Potential for Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences.
Pelealu, B.A.Tri., & Wardhono, W.S. (2018). Pengembangan Game Edukasi Mobile Augmented Reality untuk Membantu Pembelajaran Anak dalam Membaca, Menulis, dan Berhitung. 3(2), 1492-1499
Rusnandi.2015. Implementasi Augmented Reality pada Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Infotech Jurnal: 24-31
Samsudi, S., Supraptono, E., Sunyoto, S., & Rohman, S. (2019). The Implementation of Project-Based Learning in Productive Skill Programs for the Development of 21st Century Vocational School Students. KnE Social Sciences, 470-479.
Saputra, Rujianto Eko Saputro dan Dhanar Intan Surya. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6 No. 2, 153-162.
Sari, P. M. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Kooperatif dengan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Padang. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/
Sari, W. S., Dewi, I. N., & Setiawan, A. (2012). Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.
Sidik, M, F. & Vivianti. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Materi Instalasi Jaringan Komputer. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 14-28
Siswanto. (2013). Perencanaan Alat Peraga 3D Belajar Mengenal Macam-macam Binatang Berbasis Augmented Reality di TK ABA 33 Semarang. Jurnal Teknik Informatika.: 1-9
Sudana, I. M., Apriyani, D., Supraptono, E., & Kamis, A. (2019). Business incubator training management model to increase graduate competency. Benchmarking: An International Journal, 26(3), 773-787.
Suharso, A. (2011). Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(24).
Sumbawati, R.H., & Meini, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital Di Jurusan Teknik Informatika Unesa. Jurnal IT-EDU, 4(52), 153-161.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PASCASARJANA UNNES, | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305 |