Syncronization of Certified Intenship Program in the Implementation of Merdeka Belajar and Kurikulum Merdeka
(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(5) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Clinton, R. E. (1984). A Ratioanale for Collaboration: The view from industry. Collaboration
vocational industrian and the privat sector (pp.43-53). Arlington, VA: The American Vocational Association.
Cahyani, W., Atmadji, T., & Herwanto, H. W. (2017). Hubungan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja. Tekno: Jurnal Teknologi, Elektro, dan Kejuruan, 27(2), 93-104.
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (2021)., Panduan Kredensial Mikro Mahasiswa
Indonesia (KMMI). Jakarta : Ditjen Dikti Kemendikbud
Hidayat, R. (2020). Investasi Sumberdaya dan Kapabilitas Perguruan Tinggi Untuk Mencapai
Keunggulan Bersaing Secara Berkelanjutan Pada Era Disrupsi. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(2).
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 74/P/2021 Tentang
Pengakuan Satuan Kredit Semester Pembelajaran Program Kampus Merdeka.
Lamancusa, J. S., Zayas, J. L., Soyster, A. L., Morell, L., & Jorgensen, J. (2008). 2006 Bernard M.
Gordon Prize Lecture*: The Learning Factory: Industry‐Partnered Active Learning. Journal of engineering education, 97(1), 5-11.
Lian, B. (2019, February). Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi, Tantangan Dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).
Mariati, M. (2021, August). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).
Nashiroh, P. K., Kamdi, W., & Elmunsyah, H. (2017, September). The effectiveness of web- programming module based on scientific approach to train logical thinking ability for students in vocational high school. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1887, No. 1, p. 020068). AIP Publishing LLC.
Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Per.22/MEN/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di dalam Negeri. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Sumantika, A., & Susanti, E. (2021). Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills pada Lingkup Organisasi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1449-1455. Sumantika, A., & Susanti, E. (2021). Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills pada Lingkup Organisasi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1449-1455.
Supraptono, E., dkk (2020). Penguatan Program Magang Kerja Untuk Mendukung Kebijakan Merdeka Belajar Dan Akselerasi Rencana Strategis Unnes. Laporan Penelitian, LP2M Universitas Negeri Semarang.
Supraptono, E., Arief, U. M., Ekarini, F., Nashiroh, P. K., Setiyawan, A., Subiyanto, S., ... & Muslimah, A. F. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) Jenjang Pendidikan SMK. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(11), 2265-2272.
Undang-Undang Republik Indonesia No 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.
Universitas Negeri Semarang (2020). Rencana Strategi Unnes tahun 2020, Humas: Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PASCASARJANA UNNES, | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305 |