PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA POKOK BAHASAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Tri Kurnia Wardani(1),


(1) SMA As-Habul Kahfi, Polaman Mijen Semarang Kode Pos 53323

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi proses dan tahapan pembelajaran Sosiologi pokok bahasan masyarakat multikultural dengan menggunakan media komik di SMAN I Bawang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bawang  Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mesti melakukan persiapan sebelum pembelajaran dengan menyiapkan atau memilih komik tepat. Penelitian menunjukkan bahwa  siswa lebih senang pembelajaran dengan media komik tersebut dibanding dengan metode konvensional ceramah. Saat guru meminta siswa untuk membaca komik, siswa terlihat tertib. Semua siswa membaca komik dengan semangat karena di dalam komik terdapat gambar-gambar yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang mudah dipahami. Siswa pun dengan aktif merespon apa yang mereka diskusikan. Pada saat diskusi kelompok berlangsung, siswa terlihat aktif. Kelompok satu menanggapi kelompok yang lain. Dari data tersebut, berarti komik yang diterapkan  dapat menunjang aktivitas belajar siswa.


The objective of this study is to explore the processes and stages of learning the subject Sociology multicultural society by using comics as learning medium at SMAN I Bawang. The subjects were students of class XI IPS 2 SMAN 1 Bawang. The results show that teachers should make preparations before learning by preparing or selecting appropriate comics. Research also shows that students prefer to study with the comic medium compared with the conventional lecture method. When the teacher asks students to read a comic, students look enthusiatic. All students read the comics with the comic enthusiastically because there are images that relate to everyday life and the words used are words that are easily understood. Students also actively respond to what they were discussing. At last group discussions, students were active. The group responded to the other one. From these data, the comic is applied to support the students’ learning activities.

Keywords

Comic; Learning activity; Sociology; Multicultural society.

Full Text:

PDF

References

Angkowo, R. & Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Anonim. 2007. Bentuk Rupa Jenis-Jenis Komik. On line athttp://www.jagoancomic.com/tulisan_tutorial_jenis_rupa_komik.html [accessed 26 Januari 2011].

Anni CT et al. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Engler . 2009. Computer-Produced Comics as a Means of Summarising Academic Readings in EAP Programs. Journal of Innovative Education. Vol 7 (4): 404-420.

Estiningrum, F. 2005. Keefektifan Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Pemahaman Berhitung pada Siswa Kelas I SD Negeri Pringtulis 02 Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2004/2005 (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

--------------------. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Insriani, H. 2011. Pembelajaran Sosiologi yang Menggugah Minat Siswa. Jurnal Komunitas. 3 (1): 97-107.

Johana, M. & Widayanti. 2007. Komik Sebagai Media Pengajaran Bahasa Yang Komunikatif Bagi Siswa SMP. Jurnal Guru. 36 (1): 28 – 34.

Junaidi. 2008. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Soal Bentuk Cerita Dengan Menggunakan media komik Di Kelas III SDN 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal Guru. 5 (1) : 75-80.

Kustiono. 2009. Buku Ajar Media Pembelajaran. Semarang: FIP UNNES.

Manthovani, S. 2007. Pelaksanaan KTSP di SMA Nasional Karangturi Semarang (Strategi dan Implementasi). Dalam Seminar Nasional Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Miles, M.B. & Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Moleong, L.J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Mustikasari A. 2008. Mengenal Madia Pembelajaran. On line at http://edu-articles.com/mengenal-media-pembelajaran/ [diakses tanggal 23 Maret 2010]

Nurain, I.A. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik tentang Kepadatan Populasi Manusia Hubungannya dengan Lingkungan untuk SMP/MTs Di Pringapus (Skripsi). Semarang: Unnes.

Rahadi. 2008. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. On line at Aristorahdi.wordpress.com/2008/05 [diakses tanggal 14 Agustus 2009]

Rifa’i M.A. & Anni C.T. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, N. & Rifai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugandi, A. dkk. 2004. Teori Pembelajaran Dan Penelitian Portofolio. Bandung: PT. Genesindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.