DEVELOPING GUIDEBOOK OF ASKING QUESTIONS BASED ON THE TEXT CONTENTS FOR THE THIRD GRADE STUDENTS

Winarni Winarni, Umar Samadhy(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa di kelas III-B SDN Tambakaji 05, Kota Semarang adalah siswa kurang minat dalam materi mengajukan pertanyaan dari isi teks yang didasarkan pada hasil belajar yang rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum adanya buku panduan mengenai materi tertentu. Peneliti mengembangkan buku panduan untuk mengajukan pertanyaan dari isi teks pada siswa kelas III SD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku panduan serta mengetahui kelayakan dan keefektifan produk buku panduan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang tahapan penelitian disesuaikan dengan kebutuhan menjadi 7 tahap. Kelas III-B jumlah 24 siswa dijadikan kelas uji keefektifan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan buku panduan dikembangakan sesuai angket kebutuhan siswa dan guru; hasil penilaian buku panduan dari ahli materi diperoleh persentase 80% dengan kategori layak digunakan, penilaian ahli media 84,37% dengan kategori layak digunakan; dan buku panduan yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, hasil analisis N-gain menunjukkan nilai N-gain diperoleh sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah berdasarkan validasi ahli materi dan media, buku panduan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.