DEVELOPMENT OF A MODEL INSTRUCTIONAL PROBLEM BASED LEARNING BASED LESSON STUDY TO DEVELOP CHARACTER AND IMPROVE THE QUALITY OF INSTRUCTIONAL SUBJECTS INDONESIAN AT PGSD OF SEMARANG STATE UNIVERSITY
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan  model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study yang efektif mengembangkan karakter dan meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) menguji tingkat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study  dalam mengembangkan karakter, (3) menguji tingkat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dalam meningkatkan hasil belajar, (4) mendeskripsikan respon mahasiswa  terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di PGSD Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Teknik penelitian yang digunakan antara lain: (1) survey, (2) Delphi, (3) penelitian tindakan kelas, serta (4) eksperimen. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD FIP UNNES yang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia pada tahun akademik 2015/2016. Untuk penentuan sampel penelitian, digunakan teknik pengacakan kelompok penugasan atau “Randomized Group Assignmentâ€. Teknik pengumpulan menggunakan : (1) wawancara, (2) studi dokumentasi, (3) observasi, (4) skala sikap kepribadian, (5) tes prestasi belajar, (6) Tes Standard Progressive Matrics (SPM) buatan Raven. Teknik analisis data menggunakan: (1) Teknik t-tes, (2) Analisis Kovarians, (3) Analisis Variance (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan : (1) model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study yang efektif memiliki 4 langkah utama yaitu : (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan, yang meliputi (orientasi mahasiswa kepada masalah, mengorganisasikan mahasiswa untuk belajar, membimbing penyelidikan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, (c) tahap refleksi, dan (d) tahap tindak lanjut;  (2) Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam mengembangkan karakter dalam perkuliahan Bahasa Indonesia, dimana  F hitung (Fo) = 11,534 dan F probabilitas (Fp) = 0,002; (3) Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan Bahasa Indonesia dimana F hitung (Fo) =5,249 dan F probabilitas (Fp) = 0,028; (5) Sejumlah 84,21% mahasiswa PGSD Universitas Negeri Semarang memiliki respon yang sangat baik (skala 3 dan 4 lebih besar dibanding skala 1 dan 2) terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study. Saran-saran yang diajukan terkait dengan hasil penelitian ini antara lain adalah untuk mengembangkan karakter mahasiswa serta meningkatkan hasil belajar dalam perkuliahan Bahasa Indonesia, khususnya di PGSD UNNES, dosen dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study sebagai salah satu model pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.