INCREASING VALUE CHARACTER STUDENTS CLASS V IN SOCIAL STUDY WITH APPLICATION OF COOPERATIVE TYPE STAD SDN KROBOKAN I SEMARANG
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Banyaknya kasus yang ada dalam masyarakat seperti korupsi, tawuran pelajar, pergaulan bebas, narkoba, merupakan persoalan bangsa yang harus segera diatasi. Dengan demikian sangat diperlukan untuk mengembangkan karakter bangsa dalam pembelajaran IPS di SD melalui fakta, konsep, dan generalisasi. Berdasarkan permasalahan di atas penting untuk penanaman sekaligus peningkatan nilai karakter sedini mungkin yaitu pada siswa sekolah dasar. Penanaman nilai pada pembelajaran IPS dengan penerapan model kooperatif learning tipe STAD diharapkan dapat meningkatkan nilai karakter pada siswa SD kelas V SDN Krobokan I Kota Semarang pada mapel IPS (fakta, konsep, dan generalisasi). Rumusan masalah apakah penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan nilai karakter pada siswa kelas V mapel IPS (fakta, konsep dan generalisasi ) siswa kelas V SDN Krobokan I Kota Semarang? Tujuannya penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan nilai karakter siswa kelas V mapel IPS (fakta, konsep, dan generalisasi) SDN Krobokan I Kota Semarang, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas prosedur pengumpulan data non tes dan tes. Non tes dengan observasi dan tesnya dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan diskriptif statistik. Hasil penelitian yang diperoleh nilai karakter pada siklus I kategori cukup dengan skor 17 dan siklus II kategori sangat baik dengan skor 30. Sedangkan hasil belajar pada siklus I ketuntasannya 40% dan pada siklus II ketuntasannya 85%. Simpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan nilai karakter siswa kelas V mapel IPS SDN Krobokan I Semarang. Disarankan guru sekolah dasar hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan nilai karakter dan belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.