INSPIRATIVE CHARACTER STUDENTS DEPARTMENT PGSD FIP UNNES IN LEARNING GEOMETRY AND MEASUREMENT
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Visi Universitas Negeri Semarang adalah menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Nilai Konservasi merupakan salah satu ciri khas dari Unnes. Dengan prinsip semua pengembangan kurikulum di setiap fakultas maupun jurusan harus berpijak dan dimaksudkan untuk pembentukan karakter bangsa yang berbudaya konservasi. Karakter inspiratif salah satu dari nilai konservasi, harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Unnes. Pengembangan nilai konservasi inspiratif merupakan fokus dari pengembangan Fakultas Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter inspiratif mahasiswa PGSD FIP Unnes dalam mengikuti perkuliahan pembelajaran geometri dan pengukuran SD. Karakter Inspiratif mahasiswa PGSD FIP Unnes diukur melalui 5 indikator pengamatan karakter inspiratif yang tercermin dalam karya mahasiswa berupa Lembar Kerja Siswa. Dari kelima indikator pengamatan tentang karakter inspiratif  yang tertuang dalam tugas LKS yang dihasilkan oleh mahasiswa, diperoleh rata-rata 2,84 dan masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karakter inspiratif sudah muncul dengan baik dalam diri mahasiswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.