INSPIRATIVE CHARACTER STUDENTS DEPARTMENT PGSD FIP UNNES IN LEARNING GEOMETRY AND MEASUREMENT

Elok Fariha Sari, Trimurtini(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Visi Universitas Negeri Semarang adalah menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Nilai Konservasi merupakan salah satu ciri khas dari Unnes. Dengan prinsip semua pengembangan kurikulum di setiap fakultas maupun jurusan harus berpijak dan dimaksudkan untuk pembentukan karakter bangsa yang berbudaya konservasi. Karakter inspiratif salah satu dari nilai konservasi, harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Unnes. Pengembangan nilai konservasi inspiratif merupakan fokus dari pengembangan Fakultas Ilmu Pendidikan. Penelitian ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan karakter inspiratif mahasiswa PGSD FIP Unnes dalam mengikuti perkuliahan pembelajaran geometri dan pengukuran SD. Karakter Inspiratif mahasiswa PGSD FIP Unnes diukur melalui 5 indikator pengamatan karakter inspiratif yang tercermin dalam karya mahasiswa berupa Lembar Kerja Siswa. Dari  kelima  indikator  pengamatan  tentang  karakter  inspiratif  yang tertuang dalam  tugas LKS yang dihasilkan oleh mahasiswa, diperoleh  rata-rata  2,84  dan  masuk  dalam  kategori  baik.  Sehingga  dapat  disimpulkan bahwa  karakter inspiratif  sudah muncul dengan baik dalam  diri  mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.