PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC PADA GURU PAUD DI KEL. TALANG KELAPA KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR PALEMBANG

Hasmalena Hasmalena, Syafdaningsih, Sri Sumarni, Rukiyah, eChresty Anggreani, Nanda(1),


(1) Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya

Abstract

Kegiatan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis scientific pada guru PAUD ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru-guru PAUD di Kel. Talang Kelapa, Kec. Alang-alang Lebar, Palembang dalam menerapkan perangkat pembelajaraan berbasis scientific. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek langsung penyusunan RPPH, LKPD dan lembar penilaian . Berdasarkan pada hasil evaluasi dengan membandingkan antara skor pre tes dan post tes. Skor saat pre tes sebesar 43,05% sedangkan post tes skor meningkat menjadi 79,10%, sehingga kegiata pelatihan perangkat pembelajaran pada guru PAUD telah terlaksana dengan baik. Berdasarkan pada hasil evaluasi, dampak positif dari kegiatan pelatihan ini adalah: (1) Semakin baiknya kemampuan guru dalam menyusun RPPH, LKPD, dan lembar penilaian, (2). Guru terampil dalam mengaitkan tema-tema dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan, (3) Dengan adanya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan anak usia dini dapat mengembangakan aspek perkembangan secara optimal. Penyusunan RPPH, LKPD, dan lembar penilaian dalam kegiatan pelatihan ini mengacu pada kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.