KEEFEKTIFAN METODE ETH BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PKn
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode ETH berban-tuan media question card terhadap hasil belajar PKn materi “Keputusan Bersama†siswa kelas V SD, Gugus Kenanga, Kabupaten Pati. Jenis penelitian yang diguna-kan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD, Gugus Kenanga, Ka-bupaten Pati. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Trangkil 03 (ke-las eksperimen) dan siswa kelas V SDN Kajar 01 (kelas kontrol). Teknik pe-ngambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data hasil be-lajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih be-sar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas kontrol sebesar 68 dan mean posttest kelas eksperimen sebesar 78. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (2,228) > ttabel (1,673) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ETH lebih besar dibandingkan metode. Nilai Gain kelas kontrol sebesar -0,14692 (rendah) dan kelas eksperimen 0,38576 (sedang). Hasil tersebut memberikan ke-simpulan bahwa metode ETH efektif diterapkan pada pembelajaran PKn materi “Keputusan Bersama†di kelas V SD, Gugus Kenanga, Kabupaten Pati.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.