STRATEGI ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN KEBUDAYAAN KOTA TEGAL (STUDI KASUS MAHASISWA PGSD UPP TEGAL FIP UNNES)

Akhmad Junaedi(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Dalam penelitian ini yang dimaksud adalah mahasiswa PGSD UPP Tegal FIP UNNES. Pada dasarnya mereka berasal dari berbagai latar belakang yang tidak sama. Perbedaan tersebut harus diakomodasi agar mereka dapat beradaptasi dengan masyarakat sekitar dan lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi adaptasi budaya mahasiswa dalam menghadapi perbedaan di Kota Tegal dan hambatan yang dihadapi mereka dalam melaksanakan strategi adaptasi budaya. Kajian ini penting karena masyarakat Tegal sangat majemuk, sehingga mereka memiliki keunikan dalam kehidupannya. Kehidupan yang dimaksud adalah dalam hal sosial, budaya, ekonomi dan politik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sehingga kajian dari aspek tersebut dapat diketahui melalui beberapa teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa melakukan strategi adaptasi budaya pada masyarakat Tegal dengan cara: (1) Memahami cara hidup orang Tegal, baik melalui interaksi langsung maupun tidak langsung, (2) Berusaha menerima perbedaan budaya diantara mereka, (3) Meredam egosentrisme dan primordialisme dalam diri mereka karena faktanya mereka sedang tinggal di Tegal. Hambatan yang dihadapai mahasiswa PGSD UPP Tegal dalam menghadapi perbedaan budaya Kota Tegal adalah: (a) Sulit menerjemahkan bahasa dan dialek yang digunakan masyarakat setempat, (b) Keterbatasan ruang gerak mahasiswa di tingkat Keluraha, misal enggan menikuti organisasi sosial, (c) Kesibukan mahasiswa di kampus, misal kuliah dan mengikuti organisasi kampus yang tidak berhubungan dengan masyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.