PENGAMATAN TERHADAP SIKAP SISWA, KEBIASAAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V

Syarifah Fitria Nurul Aini(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Sikap dan kebiasaan belajar merupakan faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Sikap siswa cenderung pasif dan belajar pada saat akan ulangan. Hal tersebut menyebabkan  hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk menjelaskan sikap siswa dalam mata pelajaran PKn, kebiasaan belajar kelas V, sikap siswa dan kebiasaan belajar dalam mempengaruhi optimalisasi hasil belajar PKn. Metode penelitian adalah kualitatif. Jenis penelitian yaitu etnografi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis tema. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan sikap siswa kelas V SDN Plalangan 04 Semarang yaitu menyenangi pelajaran PKn, memperhatikan penjelasan dari guru, dan berpartisipasi aktif. Kebiasaan belajar siswa kelas V meliputi belajar teratur pada malam hari, literasi selama 15 menit, menyiapkan alat tulis, membuat catatan dan mengerjakan tugas dengan baik. Hasil belajar PKn yaitu 11 siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal dan 20 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Sikap menyenangi terhadap mata pelajaran mendorong siswa membiasakan diri dalam belajar. Kebiasaan belajar membuat siswa memahami materi yang dipelajari. Hal ini dapat berpengaruh pada hasil belajar PKn. Guru harus memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa dalam belajar untuk mencapai hasil yang optimal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.