PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PBI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model PBI dengan media audiovisual pada siswa kelas IVC SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data analisis deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada keterampilan guru, aktivitas siswa, respons siswa dan hasil belajar. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 18 kategori baik, siklus II sebesar 22 kategori baik, dan siklus III sebesar 27 kategori sangat baik. Skor aktivitas siswa siklus I sebesar 17,2 (cukup), siklus II sebesar 19,2 (baik), dan siklus III sebesar 23,1 (sangat baik). Respons Siswa siklus I sebesar 82,7% (sangat baik), siklus II sebesar 84,1% (sangat baik), dan siklus III sebesar 85,9% (sangat baik). Ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I sebesar 70% (tinggi), siklus II sebesar 72,5% (tinggi), dan siklus III sebesar 87,5% (sangat tinggi). Simpulan penelitian ini adalah model PBI dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVC SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.