PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TEKNIK SELF ASSESSMENT DAN PEER ASSESSMENT PADA MATA KULIAH METODE PENELITIAN PENDIDIKAN

Florentina Widihastrini(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pelaksanaan  penilaian sikap pada mata kuliah metode penelitian pendidikan di jurusan PGSD UNNES belum dilaksanakan secara optimal, dosen dalam melakukan penilaian sikap hanya sekedar mencatat siapa saja mahasiswa yang aktif dengan menggunakan lembar observasi seadanya dengan indikator yang diukur belum lengkap sesuai aspek yang seharusnya diukur, artinya dalam melakukan penilaian sikap belum menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Untuk mengungkap sikap mahasiswa terhadap mata kuliah metode penelitian pendidikan peneliti mengembangkan penilaian sikap yang valid dan reliabel. Permasalahan yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kelayakan instrumen self assessment dan peer assessmeeent? (2) bagaimanakah  keefektifan instrumen self assessment dan peer assessmeeent? pada mata kuliah metode penelitian di PGSD UNNES?

Penelitian ini mengembangkan produkinstrumen penilaian sikap.  Subyek penelitiaan adalah mahasiswa semester gasal yang mengikuti mata kuliah metode penelitian pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari analisis data produk menggunakan statistik deskriptif persentase, dan uji keefektifan instrumen penilaian sikap menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas antar rater.

Hasil pengujian instrumen dilakukan tim validator yang terdiri dari pakar di bidang materi dengan skor rerata persentase 81%danbidang bahasa 82%,sehingga dinyatakan layak


digunakan pada uji pemakaian. Sedangkan angket tanggapan mahasiswa pada instrument self


asesment dan peer asesment adalah 86% dan 81% sehingga instrumen dinyatakan layak digunakan pada uji pemakaian. Uji keefektifanantara self assessment dan peer assessment  menunjukkan skor persentase 83.33% pada kriteria baik, sehingga dapat mengungkap kesejajaran antara penggunaan self assessment dan peer assessment. Saran bahwa penelitian ini perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengungkap dan menganalisis setiap aspek pada karakteristik penilaian sikap.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.