Pengembangan Media Pembelajaran IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya pada Manusia Berbasis Flash Kelas III

Arini Estiastuti, Aziz Fikri, Sri Hartati(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengalaman belajar menggunakan me-dia yang inovatif. Berdasarkan arsip nilai UAS mata pelajaran IPA menunjukkan nilai rata-rata rendah yaitu sebanyak 13 siswa (40,625%) memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan metode pe-ngembangan waterfall meliputi analysis, design, implementation, testing, maintenance. Hasil penelitian memperlihatkan persentase penilaian kelayakan ahli materi sebesar 86.84% dan ahli media sebesar 86,9% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan N-gain sebesar 0.70909 dan pada kelompok besar dengan N-gain sebesar 0,701107. Persentase tanggapan siswa sebesar 92.7% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase tanggapan guru sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Uji hipotesis dengan Uji t dihasilkan dengan hasil perhitungan 10.97426557, lebih besar dari ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ yaitu 1,998971517 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA kelas III SDN Muktiharjo Lor Semarang sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.