PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD

Hartati Hartati(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kefektifan  media Pop-Up Book pada pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas III. Metode Penelitian  Research and Development (R&D). Subyek penelitian siswa kelas III SDN 01 1 Langensari Kabupaten Semarang. Sumber data  dari validasi media, validasi materi, hasil belajar , dan tanggapan siswa dan guru tentang media yang dikembangkan. Desain penelitian Pre-Experimental dengan one group pretest-posttest design.Hasil penelitian  menunjukan Pop-Up Book yang dikembangkan terdiri atas 3 cerita narasi berbentuk gambar ilustrasi berbantuan photoshop.Pop-Up Book  memenuhi kevalidan media sebesar 83,82% dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli materi 87,50% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba skala besar hasil posttest siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu sebesar 94,4%. Hasil perhitungan N-gain dengan hasil 0.50 menunjukkan kriteria “sedangâ€. Hasil Uji t 16,420 > 2,0315 terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Media Pop-Up Book memenuhi kriteria valid dan efektif sebagai media pembelajaran menulis narasi siswa kelas III SD.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.