PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kefektifan media Pop-Up Book pada pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas III. Metode Penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian siswa kelas III SDN 01 1 Langensari Kabupaten Semarang. Sumber data  dari validasi media, validasi materi, hasil belajar , dan tanggapan siswa dan guru tentang media yang dikembangkan. Desain penelitian Pre-Experimental dengan one group pretest-posttest design.Hasil penelitian  menunjukan Pop-Up Book yang dikembangkan terdiri atas 3 cerita narasi berbentuk gambar ilustrasi berbantuan photoshop.Pop-Up Book  memenuhi kevalidan media sebesar 83,82% dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli materi 87,50% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba skala besar hasil posttest siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu sebesar 94,4%. Hasil perhitungan N-gain dengan hasil 0.50 menunjukkan kriteria “sedangâ€. Hasil Uji t 16,420 > 2,0315 terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Media Pop-Up Book memenuhi kriteria valid dan efektif sebagai media pembelajaran menulis narasi siswa kelas III SD.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.