PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA SD DI KOTA SEMARANG

Sri Sulistyorini, . Arini Estiastuti, Harmanto(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar tematik terpadu model Discovery Learning berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Bahan ajar yang dikembangkan menggabungkan teks dan gambar gambar yang kontekstual dengan model Discovery Learning  sehingga pesan yang disampaikan lebih nyata, mudah dipahami dan menggiring siswa mampu menyelesaikan masalah, berfikir kritis dan kreatif.  Penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi  dan ahli evaluasi.  Uji coba kelompok kecil dilakukan di kelas IV SDN 01 Ngaliyan Semarang dengan jumlah 15 siswa, sedangkan uji coba pemakaian dilakukan di kelas IV SDN Ngaliyan 03 dengan jumlah 32 siswa. Data diambil dari tanggapan siswa dan guru tentang bahan ajar yang telah dikembangkan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan; (1) bahan ajar yang dikembangkan berkarakteristik Discovery Learning yang terdiri sintaks stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, mengola data, verifikasi dan menarik kesimpulan; (2) bahan ajar tematik terpadu model Discovery  Learning dinyatakan valid,didapatkan persentase kriteria kelayakan validator 88% dan 90%. ; (3) bahan ajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal tersebut didasarkan pada uji t dan diperoleh signifikansi 0.000 < 0.05. Uji gain sebesar 0,595 dengan kriteria sedang; (4) Persentase respon siswa dan guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Persentase respon guru  95% (sangat positif) dan persentase respon siswa secara klasikal 91% (sangat positif).

Simpulan penelitian, bahan ajar yang dikembangkan berkarakteristik Discovery  Learning, bahan ajar valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Saran yang disampaikan; bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar alternatif dalam pembelajaran, karena penerapan Discovery Learning dapat memperkuat pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.