HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn

Siti Nur Isnaeni, Sumilah(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan motivasi dan disiplin belajar dengan hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Antasari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Sampel penelitian berjumlah 104 siswa diambil menggunakan teknik proportional sample. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKn dengan nilai  sebesar 0,716, ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PKn dengan nilai  sebesar 0,646, ada hubungan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PKn dengan nilai  sebesar 0,753 dan  sebesar 66,186. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 56,7%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Antasari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.