PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK TERPADU MENGINTEGRASIKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN LITERASI SISWA SD DI KOTA SEMARANG

Sri Sulistyorini, Harmanto, Zaenal Abidin, Jaino(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada SD di Kota Semarang yang inovatif terintegrasi literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) belum dikembangkan. Selain itu LKPD yang digunakan di sekolah umumnya hanya berisi daftar pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda dan essay, siswa ditugaskan untuk menjawabnya.  Kurikulum 2013 berorientasi pada penguatan karakter siswa, literasi dasar dan kompetensi abad 21 dengan 4C. Dengan demikian guru dituntut untuk mengintegrasikan PPK dan literasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD tematik terpadu yang mengintegrasikan PPK dan literasi. Penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D).  Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli evaluasi. Uji coba kelompok kecil dan   pemakaian dilakukan di kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang.  Data diambil dari hasil belajar siswa, tanggapan siswa dan guru tentang LKPD terintegrasi PPK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan; (1) LKPD yang dikembangkan berkarakteristik terintegrasi literasi dan PPK; (2) LKPD terintegrasi literasi dan PPK dinyatakan valid, didapatkan persentase kriteria kelayakan validator 90% dan 89% (sangat layak); (3) LKPD terintegrasi literasi dan PPK memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa hal ini ditunjukkan pada uji t diperoleh signifikansi 0.000 < 0.05. Uji gain sebesar 0,631 dengan kriteria sedang; (4) Persentase respon guru 95% (sangat positif) dan persentase respon siswa secara klasikal 93% (sangat positif). Simpulan penelitian, LKPD yang dikembangkan berkarakteristik terintegrasi literasi dan PPK, valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang disampaikan LKPD terintegrasi literasi dan PPK dapat digunakan alternatif dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.