HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS III
(1) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian penguatan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar PKn kelas III SDN Gugus Ahmad Yani Boja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis
korelasi. Jumlah populasi adalah 206 siswa dan diambil sampel sebanyak 125 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis
menggunakan uji normalitas dan linearitas. Kemudian dilanjutkan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat hubungan pemberian penguatan dan kemandirian belajar
dengan hasil belajar PKn ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,610. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemberian penguatan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar
PKn siswa kelas III SDN Gugus Ahmad Yani Boja, maka saran yang diberikan adalah dalam pembelajaran PKn perlu diupayakan pemberian penguatan dan kemandirian belajar.
korelasi. Jumlah populasi adalah 206 siswa dan diambil sampel sebanyak 125 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis
menggunakan uji normalitas dan linearitas. Kemudian dilanjutkan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat hubungan pemberian penguatan dan kemandirian belajar
dengan hasil belajar PKn ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,610. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemberian penguatan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar
PKn siswa kelas III SDN Gugus Ahmad Yani Boja, maka saran yang diberikan adalah dalam pembelajaran PKn perlu diupayakan pemberian penguatan dan kemandirian belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.