IMPLEMENTASI PENDEKATAN FASILITATING EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PGSD MENGAJARKAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Hartati , Umar Samadhy, Sukarir Nuryanto(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan pendekatan Fasilitating Experiential Learnirng di dalam pembelajaran, dengan tahapan penelitian mencakupi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebermaknaan model pembelajaran dengan pendekatan Fasilitating Experiential Learnirng di PGSD yang dilihat dari: 1) Peningkatan keterampilan mahasiswa di dalam mengajarkan bahasa Indonesia SD, 2) Aktivitas dosen dan mahasiswa di dalam pembelajaran, 3) Keterampilan Dosen di dalam mengelola pembelajaran, serta 4) Respon mahasiswa terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes untuk mengungkap prestasi belajar mahasiswa, lembar observasi untuk mengungkap keterampilan mahasiswa mengajar, mengungkap aktivitas mahasiswa dan kemampuan dosen di dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan suasana kelas, serta lembar angket untuk mendapatkan respon. Hasil yang diperoleh pendekatan Fasilitating Experiential Learnirng dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, meningkatkan keterampilan mahasiswa mengajarkan bahasa Indonesia di SD, mahasiswa aktif dalam pembelajaran, dan respon mahasiswa di dalam pembelajaran merasa senang. Sejalan dengan hasil penelitian maka, diberikan saran kepada para dosen agar di dalam mengelola pembelajaran, dapat menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan Fasilitating Experiential Learnirng, karena model pembelajaran ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.