PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN LOVE NOTES PESERTA DIDIK KELAS VII

Sukartiningsih Sukartiningsih(1),


(1) SMP Negeri 1 Ungaran

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi Operasi Bentuk Aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan Love Notes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 1 Ungaran yang berjumlah 36 peserta didik, hal ini dikarenakan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data keaktifan dan hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan penilaian diri keaktifan peserta didik dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh respon rata-rata keaktifan pada siklus I sebesar 6,67 dan peserta didik yang memperoleh skor > 5sebanyak 80,56% , siklus II sebesar 7,11 dan peserta didik yang memperoleh skor > 5 sebanyak 88,89%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 78,17 dengan banyak peserta didik yang tuntas (memperoleh nilai ≥75) 28 anak, dalam persentase 77,78%, siklus II sebesar 78,96 dengan banyak peserta didik yang tuntas 83,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pembelajaran matematika melalui model pembelajaran pembelajaran Think Pair Share dengan Love Notes dapat meningkatkan keaktifan peserta didik; (2) Pembelajaran matematika melalui model pembelajaran pembelajaran Think Pair Share dengan Love Notes dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.