PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VI

Bayu Wijayama(1),


(1) SDN Sadeng 03 Dinas Pendidikan Kota Semarang

Abstract

Rendahnya hasil belajar muatan mata pelajaran IPA disebabkan guru hanya mengikuti sintak pembelajaran di buku guru kurikulum 2013 edisi revisi. Kegiatan pembelajaran hanya mengisi buku peserta didik, sedangkan model pembelajaran yang tertera pada buku guru dan peserta didik tidak dilaksanakan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melaksanakan pembelajaran tematik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujan penelitan ini untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik kelas VI di SDN Sadeng 03 Kota Semarang melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dimulai dari 1) perencanaan tindakan (planning), 2) penerapan tindakan (action), 3) pengamaatan (observing) 4) refleksi mengevaluasi proses dan hasil tindakan (reflecting). Data kualitatif didapat dari instrument pengamatan karakter rasa ingin tahu peserta didik. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan karakter peserta didik pra siklus yaitu 4.76%, siklus I 61.9% dan siklus II 80.95%. Peningkatan hasil belajar klasikal sebesar 14%. Ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I sebesar 76% atau sebanyak 16 peserta didik yang tuntas mendapat nilai lebih dari 70 (KKM) meningkat menjadi 90% atau sebanyak 19 peserta didik yang tuntas mendapat nilai diatas KKM 70 pada siklus II.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.