DAMPAK PENGGUNAAN KUIS BERBASIS PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
(1) 
Abstract
Mengingat memberikan motivasi belajar kepada peserta didik itu mempunyai pernanan yang besar untuk keberhasilan kegiatan pembelajaran, maka diharuskan untuk memunculkan rasa termotivasi belajar pada diri peserta didik dengan adanya kegiatan yang menarik dalam pembelajaran dan adanya lingkungan yang kondusif sehingga peserta didik dapat belajar dengan baik. Pada penelitian ini bertujuan untuk memunculkan rasa motivasi belajar pada diri peserta didik di SDN Galunggung Harjamukti Cirebon dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian, penggunaan kuis berbasis pembelajaran e-learning berdampak yang baik bagi peserta didik saat digunakan dalam pembelajaran, karena motivasi belajar peserta didik muncul ketika pembelajaran menggunakan kuis. Peserta didik termotivasi karena peserta didik merasa belajar dengan cara yang baru dan dengan inovasi yang baru yang sebelumnya belum pernah di coba. Â Tetapi dalam penggunaan kuis berbasis pembelajaran e-learning ada kendala yang dirasakan peserta didik maupun guru, yaitu kendala dengan kuota yang cepat habis dan jaringan internet yang kadang naik turun signalnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.