INQUIRY LEARNING UNTUK PENINGKATAN HOTS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V

Rujiani Rujiani(1),


(1) 

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat dibutuhkan
oleh siswa, penguasaan pemahaman materi pelajaran yang didapat merupakan hasil dari analisis
yang dilakukannya. Suasana pembelajaran yang kurang kondusif dan kurangnya kegiatan
pembelajaran penunjang kemampuan menelaah materi berpengaruh pada cara berpikir siswa,
sehingga HOTS dan hasil belajar siswa belum maksimal, maka guru mengemas kegiatan
pembelajaran dengan inquiry learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan
kelas, dilaksanakan dalam dua siklus yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN
Tlogowungu 02, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 10
siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan diolah
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perubahan HOTS siswa dari 30%
saat prasiklus menjadi 60% pada siklus I, dan 80% pada siklus II. Untuk hasil belajar IPA mengalami
peningkatan ketuntasan belajar dari 40% saat prasiklus menjadi 70% pada siklus I, dan meningkat
menjadi 90% pada siklus II. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa inquiry learning terbukti mampu
meningkatkan HOTS dan hasil belajar siswa, khususnya siswa kelas V SDN Tlogowungu 02.

Keywords

inquiry learning, HOTS, hasil belajar, dan hakikat IPA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.