Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19
(1) 
(2) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di tingkat sekolah dasar anak-anak masih memiliki kurangnya kesadaran dalam belajar, sehingga motivasi belajar dari dalam dirinya pun menurun. Proses pembelajaran di rumah memberikan respon yang berbeda dari setiap siswa, terkadang peserta didik merasa jenuh dan kesulitan belajar di rumah, karena terkendala akses jaringan dan kurangnya konsentrasi belajar peserta didik terhadap apa yang dikerjakan. Anak-anak lebih senang untuk bermain daripada belajar dikarenakan kurangnya pengawasan dan kontrol orang tua di rumah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak di rumah pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak kelas IV SDN 1 Sidawangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada anak kelas IV di SDN 1 Sidawangi adalah peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak antara lain dengan cara orang tua mengetahui hasil belajar anak dengan melihat nilai rapot anak, memberikan perhatian ketika anak sedang belajar, memberikan hadiah ketika anak rajin dan semangat belajar, memberikan hukuman berupa teguran ketika anak malas belajar, orang tua memberikan fasilitas belajar yang cukup memadai dan memberikan penghargaan jika anak mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.