PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS

Fauzan Irsyad Ali, Kurniana Bektiningsih, Umar Samadhy(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media buku saku berbasis mind mapping. Media buku saku berbasis mind mapping yang dikembangkan ini merupakan media untuk pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku berbasis mind mapping dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPS. Simpulan dari penelitian ini adalah media buku saku berbasis mind mapping sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS.

Keywords

Buku saku, Mind Mapping, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.