PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS
(1) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan kefektifan media video pembelajaran materi globalisasi dalam mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Purwoyoso 01Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Devlopment). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Waterfall.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SDN Purwoyoso 01 berjumlah 27 siswa.Teknik pengumpulan data yaitu test dan non test. Pengembangan terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, implementation, testing, dan maintenance.Hasil penilaian dari validator materi menunjukkan angka persentase 82,14% dengan kategori “Layakâ€. Sedangkan untuk penilaian dari validator media menunjukkan angka persentase 85% dengan kategori “Sangat Layakâ€.Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan secara signifikan antara hasil belajar PKn materi globalisasi sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Dengan demikian produk media video pembelajaran ini layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran PKn.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.