KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN RESMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN M4 (MAKE A MATCH-MIND MAP) DAN MODEL PEMBELAJARAN MM-TTW (MAKE A MATCH-THINK TALK WRITE) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP

Nurul Fajriyah(1), Wagiran Wagiran(2),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi menggunakan model M4, model MM-TTW, dan mengetahui model yang lebih efektif dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design, populasi kelas VII SMP Negeri 4 Magelang, sampel VII E dan VII F. Hasil penelitian (1) model M4 efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi, dibuktikan dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang dignifikan antara pretest dan posttest model M4, (2) model MM-TTW efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi, dibuktikan dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang dignifikan antara pretest dan posttest model MM-TTW, dan (3) ada perbedaan yang signifkan antara posttest model M4 dan MM-TTW, dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,029 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model M4 lebih efektif digunakan dalam pembelajaran daripada model MM-TTW.

This study aims to determine the effectiveness of writing personal letter for official purposes study using the m4 model, the mm-TTW model, and to know which model is more effective in writing personal letter of official purposes study. This research uses nonequivalent control group design, the population is class VII of SMP Negeri 4 Magelang, the samples are class VII E and VII F. The results of this research are (1) m4 model is effective in writing personal letter of official purposes study is evidenced by Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, which means there is a significant difference beetween the pretest and posttest of M4 model, (2) MM-TTW model is effective in writing personal letter of official purposes study is evidenced by Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, which means there is a significant difference beetween the pretest and posttest of mm-TTW model, and (3) there is a significant difference between the posttest of m4 model and MM-TTW model is evidenced by Sig. (2-tailed) = 0,029 < 0,05, so it can be concluded that the m4 model is more effective in writing personal letter of official purposes study than the MM-TTW model.

Keywords

M4 learning model; MM-TTW learning model; personal letter for official purposes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.