IDENTIFIKASI TEKS BERGENRE CERITA BERMUATAN NILAI KONSERVASI
(1) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Nilai-nilai konservasi harus diidentifikasi ke dalam tataran konkret dan operasional untuk mendukung pencapaian visi UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai konservasi dalam berbagai teks bergenre cerita. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan, tahap analisis kebutuhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya: (1) nilai konservasi dalam cerita terdiri atas delapan nilai konservasi sesuai dengan indikatornya, dan (2) cerita-cerita yang terpilih memiliki kelayakan sebagai bahan buku pengayaan kepribadian karena memuat nilai konservasi yang sesuai dengan indikatornya.
Conservative value need to be identified into concrete and operational level to support the fulfiltment of UNNES vision as a University with conservative inshight and international reputation. The aims of this research is to identify the concervative values from verying text with story genre . This research use development researchdesign, needs analysis phase. Data collection method used is decoment collection method. Data were analyzed by using qualitative descriptive technique. The result of the research found: (a) conservative value in the stories consist of eight conservative value in accordance with the indicator , and (b) the stories selected is feasible as material books for personality enrichment because it contains conservative values in accordance with the indicator.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.