Efektivitas Strategi Information Charts dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi

Meidisya Isnaini(1),


(1) Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi Information Charts dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas 8 SMP N 12 Yogyakarta. Penelitian berjenis quasi eksperimen ini menggunakan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Information Charts efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas 8 SMP Negeri 12 Yogyakarta.

Keywords

efektivitas, strategi, information charts, eksposisi

References

Assaf, LC., Ash, G.k, Saunders, J., et al. (2011). Renewing Two Seminal Literacy Practices: I-Charts And I-Search Papers. Voices from the middle. 18, 31- 42.

Graham, S., & Hebert, M. (2011). Writing-to-read: A meta-analysis of the impact of writing and writing instruction on reading. Harvard Educational Review, 81, 710–744.

Hall. K. M., Sabey, B. L., & McClellan, M. (2005). Expository Text Comprehension: Helping Primary-Grade Teachers Use Expository Texts To Full Advantage. Journal Reading Psychology, 26, 211-234.

Hoffman, J.V. (1992). Critical Reading/Thinking Accros The Curriculum: Using Ic Harts To Support Learning. Language Arts, 69, 121-127.

Jauhari, Heri. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Mertens, Nathan L. (2010). Writing Processes, Tools, And Techniques. New York: Nova Science Publishers Inc.

Montelongo, J., Herter. J. R.. Ansaldo, R., & Hatter, N. (2010). A Lesson Cycle For Teaching Expository Reading And Writing. Journal of Adolescent & Adult Literacy. 53, 656-666.

Randall, S.N. (1996). Information Charts A Strategy For Organizing Student Research. Journal of Adolescene & Adult Literacy, 536-542.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.