PENANDA KOHESI GRAMATIKAL DALAM LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Winda Azmi(1),


(1) Universitas Negeri Padang

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the marker of what grammatical cohesion was in the background of the students’ thesis of  Padang State University. The research data was in the form of written data, namely paragraphs in the background of students' thesis at Padang State University. The results in this study showed 7 theses there were 263 used of grammatical cohesion. From the analysis of the data, the most dominant marker of grammatical cohesion was the reference marker of 142 data. There were 62 data substitution markers, 38 data ellipsis markers, and 21 conjunction markers. So, it could be concluded that the writing of the background of the students’ thesis at Padang State University had a marker of grammatical cohesion which made the paragraph intact and efficient.

Keywords: markers, grammatical cohesion, scripts

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda kohesi gramatikal apa yang terdapat dalam latar belakang skripsi mahasiswa Uiversitas Negeri Padang. Data penelitian ini berupa data tertulis, yaitu paragraf dalam latar belakang skripsi mahasiswa Universitas Negeri Padang. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan 7 skripsi terdapat 263 penggunaan kohesi gramatikal. Dari analisis data tersebut, penanda kohesi gramatikal yang paling dominan adalah penanda referensi sebanyak 142 data. Penanda subsitusi terdapat 62 data, penanda ellipsis sebanyak 38 data, dan penanda konjungsi terdapat 21 data. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penulisan latar belakang skripsi mahasiswa Universitas Negeri Padang terdapat penanda kohesi gramatikal yang menjadikan paragraf tersebut utuh dan efisien.

Kata kunci: penanda, kohesi gramatikal, skripsi

Full Text:

PDF

References

Alarcon J. B. & Morales, K. N. S. (2011). Grammatical cohesion in students’ argumentative essay. Journal of English and Literature, 2 (5), 114-127.

Ali, S. W. (2010). Penanda kohesi gramatikal dan leksikal dalam cerpen â€The Killers†karya Ernest Hemingway. Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Alwi, H., Dardjowidjodjo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Antony, H. M. (2012). Pemarkah kohesi gramatikal pada kumpulan cerpen Bintang Kecil di Langit Kelam karya Jamal T. Suryanata. Jurnal Bahasa dan Sastra, (372-380).

Argafani, R. (2017). Kohesi gramatikal antarkalimat wacana berita utama monitor depok edisi 22-29 januari 2014 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Azis, A. N. (2015). Pemarkah kohesi leksikal dan kohesi gramatikal (analisis pada paragraf dalam skripsi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia). Jurnal. Dialektika, 1 (1) , 71-85.

Darma, Y. Aliah. (2009). Analisis wacana kritis. Bandung: Yrama Widya.

Eriyanto. (2001). Analisis wacana: pengantar analisis teks media. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara.

Indriyani, N. (2015). Penanda kohesi pada tajuk rencana harian surat kabar Kompas edisi Januari 2015. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Iskandar. (2009). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Pristiwati, R. (2011). Kohesi gramatikal dalam teks laporan penelitian dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Jurnal. Penelitian Pendidikan, 29 (2), 106-112.

Putri, T. P. (2011). Penanda kohesi pada wacana rubrik â€suara mahasiswa†dalam harian joglo semar. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Samsuri, (1988). Analisis bahasa: memahami bahasa secara ilmiah. Jakarta: Erlangga.

Sumarlam. (2003). Teori dan praktik analisis wacana. Surakarta: Sebelas Maret.

Triasmoro, G. Y. (2010). Kohesi pada teks cerita rubrik anak-anak, remaja, dan dewasa dalam majalah Panjebar Semangat. Jurnal. Lingua, Vol. 13, No. 1, (19-48).

Olateju, M.A. (2006). Cohesion in ESL classroom written texts. Jurnal Nordic Journal of African Studies. 15 (3), 314-331.

Yetisa, V. A. (2017). The role of composing process andcoherence/cohesion in FFL writing. Journal of Language and Linguistic Studies, 13 (1), 336-351.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.