afiks derivasi dan afik infleksi pada verba dan nomina bahasa Arab dalam buku al-arabiyah baina yadaik

fitri hidayati hasibuan(1),


(1) usu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Afiks derivasi dan afiks infleksi yang digunakan sebagai pembentuk nomina  bahasa Arab serta menganalisis fungsi dan makna afiks derivasi dan afiks infleksi pada nomina bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa kata bahasa Arab yang diambil dari buku al-arabiyah baina yadaik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat, kemudian data dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik dasar berupa teknik bagi unsur langsung dan teknik lanjutan berupa teknik oposisi dan teknik lesap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam buku buku al-arabiyah baina yadaik, terdapat afiks derivasi pembentuk nomina berjumlah sembilan, yaitu: prefiks (as-Sâbiq), diantaranya: /mu-/, /ma-/ dan /a-/. Infiks (dâkhilah), diantaranya: /-â-/,  /-ĩ-/ dan /-ū-/. Konfiks (as-sâbiq wa al-lâhiq), diantaranya: /mi-â/, /ma-ū/ dan /mi-tun/. Afiks–afiks ini membentuk makna gramatikal ‘nomina pelaku (ism fâ‟il)’; ‘nomina verba (isim maṣdar)’; ‘nomina penderita (ism maf’ûl)’; ‘nomina instrumental (isim alat)’, ‘nomina temporer (isim zaman)’; ‘nomina qualiti (syifatu al-musyabbahah bi al-ismi fâil)’ dan ‘nomina loci (isim makan)’ serta berfungsi membentuk nomina deverba. Afiks infleksi pembentuk nomina berjumlah sepuluh, yaitu: sufiks (al-Lâhiq), diantaranya: /-âni/, /aini/, /-ūna/, /-ĩna/, /-âtun/, /-ĩ/, /-tun/, /-ka/, /-hu/ dan /-him/. Afiks-afiks ini memiliki makna gramatikal yaitu: nomina dual, nomina plural maskulin, nomina plural feminim dan nomina gender.

Keywords

afiks derivasi dan infleksi, fungsi dan makna, nomina bahasa Arab.

Full Text:

PDF

References

Afrizal, Amir. 2014. Morfem-morfem Pembentuk Verba Dasar Trilateral Bahasa Arabâ€. Yogyakrta: Jurnal Humaniora, Vol. 2, No 1 Februari, 93-108.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi dan Tekniknya. Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada.

Mardiah, Zaqiatul . Afif, Arighi, Bagus . 2015. Verba Perfektum dan Verba Imperfektum Dalam Bahasa Arab. Jakarta: JurnalAl-Azhar, vol 2. No 3.

Matthews, P.H. 1974. Morphology: An Introduction to The Theory of Word - Structure. Cambridge: Cambridge UniversityPress.

Nida, Eugene. 1974. Morphology: The Descriptive Analysis of Words. An Arbor (second edition): The University of Michigan Press.

Ridwan, Muhammad. dan Triyanti Nurul Hidayati. 2015. Verba Trilateral Bahasa Arab: Tinjauan Dari Prepektif Morfologi Derivasi Dan Infleksiâ€, Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 15, No. 1.

Samsuri. 1982. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 2016. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Verhaar, J.W.M. 1999. Azas-azas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Zuhriyah, Lailatul. 2018. Proses Afiksasi Morfologi Ism (Nomina) Dalam Bahasa Arab. Jakarta: Jurnal Arabiyat, Vol. 5, No. 2 .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.