KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN MODEL BERBASIS MASALAH BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI

Muhammad Husain Haekal(1),


(1) MA Mathalibul Huda Mlonggo

Abstract

Keterampilan menulis karya ilmiah perlu dimiliki peserta didik agar dapat menuangkan ide dalam bentuk tulisan berdasarkan metode serta bahasa ragam ilmiah. Pembelajaran cocok dilakukan dengan model pembelajaran berbasis masalah yang sesuai dengan tingkat berpikir kreatif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan keefektifan pembelajaran menulis karya ilmiah dengan model berbasis masalah berdasarkan tingkat berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk menguji sampel menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Analisis data akhir menggunakan uji paired sample t-tes. Semua uji tersebut menggunakan uji program SPSS 25. Simpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model berbasis masalah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karya tulis ilmiah berdasarkan tingkat berpikir kreatif pada peserta didik kelas XI. Pembelajaran menulis karya ilmiah menggunakan model berbasis masalah lebih efektif dilakukan pada peserta didik dengan tingkat berpikir tinggi dibanding pada peserta didik dengan tingkat berpikir sedang, dan tingkat berpikir rendah. Manfaat penelitian ini adalah untuk memperkaya pengembangan penelitian di bidang pendidikan dan untuk menambah pengetahuan menulis karya ilmiah di lembaga-lembaga pendidikan.

Keywords

Karya Ilmiah, Berpikir Kreatif, Model Berbasis Masalah.

Full Text:

PDF

References

Agustiangsih, E. R. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Kelas XI SMA. Journal of Economic Education 3 (2) (2014).

Ali, M & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta. Bumi Aksara

Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Hartini, Tri Isti. (2011). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 3 (1) (2014) 8-11.

Hyland, Ken. (2002). Teaching and Researching Writing.Britain: Pearson Education Limited.

Ismawati, A., Mulyono, M., & Hindarto, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Problem Based Learning dengan Strategi Scaffolding Ditinjau dari Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 48-58.

Maxwell, N.L., Mergendoller, J.R., & Bellisimo, Y. (2005). Problem-Based Learninng and Hingh School Macroeconomics: A Comparative Study of Instructuctional Methods. The Journal of Economic Education, 36(4), 315-329

Ndjoeroemana, Y. (2012). Pengembangan Model Inkuiri Sosial Yang Dimodifikasi Pada Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kristen Wirawacana Sumba Ntt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. SELOKA 1 (2). http://journal.unnes.ac.id/ sju/ index.php/ seloka

Pease, M.A & Kuhn, D. (2010). Experimental Analysis the Effective Components of Problem-Based Learning. Science Education

Prosser, M & Sze, D. (2014). Problem-based Learninng: Student Learning Experiences and Outcomes. Clinical Linguistics & Phonetics; 28(1-2): 131-142

Sibarani, Berlin. (2007). Penerapan Proses Kognitif dan Terapi Cognitive Blocking dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis. FBS Universitas Negeri Medan journal.uny.ac.id/

Siregar, N., Armanto, D., & Saragih, S. (2012). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pengetahuan Prosedural Matematika Siswa SMP.†Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 5 (2),137-150.

Syaifudin, A & Sulistyaningrum, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpendapat Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL). Lingua Dikdatika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa. Vol 10, No 2 (2014) https: //journal.unnes.ac.id/ nju/ index.php/ lingua/ article/ view/ 3241.

Haryawan, A.D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. SELOKA 3 (2) (2014) http: //journal.unnes.ac.id/ sju/ index.php/ seloka

Sulaiman, F. (2013). “The Effectiveness of PBL Online on Physics Students’ Creativity and Critical Thinking: A Case Study at Universiti Malaysia Sabah.†International Journal of Education and Research, 1 (3), 1-18.

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanti, M. S. R, Binadja, A., & Haryani S.(2013).“Pengembangan Model Pembelajaran Larutan Penyangga Berbasis Masalah Bervisi Sets.†Journal of Innovative Science Education, 2 (1), 57-62.

Yusof, K. M., Hassan, S.H.A.S., Jamaludin, M.Z., Harun N.F. (2012). Cooperative Problem-based Learning (CPBL): Framework for Integrating Cooperative Learning and Problem-based Learning. International Conference on Teaching and Learning in Higher Education

Yew, E. H. J et al. (2011). “Is Learning in Problem-Based Learning Cumulative?â€. Advance in Health Science Education. Volume 16: Hal 449- 464.

Yuwono, A. (2009).Optimalisasi Web Internet Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Prodi PBSJ Semester VIII FBS UNNES. Lingua V/1 Januari 2009

Zulaeha, Ida. (2016). Teori. Model, dan Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Pres.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.