KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS VII SMP SIMAN JAYA

Siti Aisah(1), Muhammad Zakia Firdaus(2), Maulidia Tifani Alfin N.H.(3),


(1) Universitas Billfath
(2) Universitas Billfath
(3) Universitas Billfath

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks deskripsi menggunakan video pengetahuan alam pada siswa kelas VII SMP Siman Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan desain pretest-posttest kontrol  group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes dengan penugasan menulis teks deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media video pengetahuan alam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi tambahan pengetahuan secara teori, serta memberi tambahan pengetahuan bagi tenaga pendidik untuk mengelola proses belajar pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Keywords

Kemampuan berpikir kritis; menulis; teks deskripsi; video pengetahuan alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.