Penerapan Model Gordon dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Berbasis Konservasi Budaya dalam Upaya Pembentukan Karakter

Zuliyanti Zuliyanti(1), Mukh Doyin(2), Wagiran Wagiran(3), Suseno Suseno(4),


(1) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
(2) Jurusan BSI FBS UNNES
(3) Jurusan BSI FBS UNNES
(4) Jurusan BSI FBS UNNES

Abstract

Penelitian tindakan (action research) ini dilakukan di Prodi PBSI dengan tiga siklus. Tahapan pada masing-masing siklus adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan refleksi. Jenis datanya adalah data kuantitatif dan kualitatif serta perolehan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, pembuatan jurnal catatan harian (dosen dan mahasiswa), dan tes pengukuran hasil belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa mahasiswa dapat mengapresiasi dengan sistematis dan baik sehingga dapat melatih pola berpikir kritis mahasiswa. Hasil pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil rata-rata nilai 78, kemudian pada siklus II menjadi 80. Pada siklus III diperoleh rata-rata nilai 83, sehingga rata-rata kelas mengalami kenaikan yang awalnya 72 (B) menjadi 81 (AB). Perubahan perilaku yang dapat dilihat dari hasil penelitian ini adalah berpikir kritis, kreatif, cerdas dalam menyelesaikan masalah, sopan dalam bertindak dan bertutur kata, jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tersebut dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengapresiasi puisi. 

Keywords

apresiasi puisi, model gordon, konservasi budaya, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.