PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI YANG BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS PARAGRAF PESERTA DIDIK KELAS III
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Abstract
Keterampilan menulis paragraf peserta didik belum mendapatkan hasil yang maksimal. Guru masih kesulitan dalam mengajarkan menulis paragraf, sedangkan peserta didik kesulitan dalam memunculkan ide atau gagasan dan kurang menguasai keterampilan mikrobahasa. Penanaman nilai karakter pada peserta didik juga perlu dilakukan sejak dini. Oleh karena itu, model pembelajaran induktif dikembangkan dalam pembelajaran menulis paragraf dengan media gambar seri yang bermuatan nilai-nilai karakter. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan pengembangan, prinsip-prinsip pengembangan, desain, dan keefektifan model pembelajaran induktif dengan media gambar seri yang bermuatan nilai karakter untuk meningkatkan kompetensi menulis paragraf peserta didik kelas III SD. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dari Borg and Gall (Sugiono 2009:298), kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, yang meliputi tiga langkah, yaitu (1) studi pendahuluan dan awal pengembangan, (2) pengembangan, dan (3) pengujian/validasi. Dalam pengembangan model pembelajaran, produk yang dibutuhkan yaitu produk yang dikembangkan dengan menarik dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Selain itu, penilaian diberikan oleh dosen ahli dan guru dengan perolehan nilai rata-rata berkategori baik, serta efektif digunakan dalam pembelajaran.
Paragraphs writing skills of students has not gotten maximum results yet. Teachers still has difficulties in teaching paragraphs writing, whereas students has difficulties in generating ideas or concepts and less skills in microlanguage mastery. Planting the value of the character on the learners also needs to be done early. Therefore, inductive learning model is developed in learning to write paragraphs with the help of the media image series which contains character values. The problem in this research is how the needs of the development of model, principles of model, design model, and effectiveness of inductive learning model with the media image series which contains character values to improve the competence of class III SD students in writing paragraphs. The design of this research is Research and Development (R&D) by Borg and Gall (Sugiyono 2009:298), then adapted to the needs of research, which includes three stages, namely (1) a preliminary survey, (2) development, and (3)test expert/ validation. In the development of model of teaching, the required product is a product developed with attractive packaging and adjusted to the learners. In addition, the assessment given by expert lecturers and teachers with an average value acquisition categorized as well, and effective to use in learning.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.