PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SMA KABUPATEN SEMARANG

Esti Sudi Utami(1), Endang Kurniati(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Salah satu pembaruan atau inovasi terbaru yang dilakukan Pemerintah yang berkaitan dengan kurikulum
pendidikan adalah diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru dan sekolah diberikan
otonomi untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi, permasalahan, dan kebutuhan sekolah.
Penelitian tahap I ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala pengembangan kurikulum yang dialami guru.
Metode penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian Research Development yang dirancang
selama dua tahun. Dalam pelaksanaan penelitian tahun pertama ini digunakan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah guru bahasa Jawa SMA se-Kabupaten Semecarang. Pengumpulan data dilakukan dengan
pengamatan dan wawancara. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kendala yang ditemukan dalam menyusun KTSP meliputi.unsur pengembangan KD, unsur
life skills, uraian pencapaian indikator siswa, pengalaman belajar, metode, penilaian, pengaturan alokasi waktu.
Kata kunci: KTSP, bahasa jawa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.