PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MIKRO INOVATIF BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU BAHASA INDONESIA
(1) 
(2) 
Abstract
Micro teaching sebagai mata kuliah yang wajib diberikan kepada mahasiswa sebelum diterjunkan ke sekolah
latihan seharusnya menjadi wadah pematangan mental dan karakter mahasiswa calon guru bahasa dan sastra
namun pada kenyataannya, pembelajaran mikro belum tergali secara maksimal. Mahasiswa masih kesulitan
dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan
menemukan hal-hal yang menjadi kebutuhan materi perkuliahan micro teaching, mahasiswa dan dosen
berkenaan dengan pengembangan draf model pembelajaran mikro inovatif, dan menemukan karakteristik model
pembelajaran mikro inovatif yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik calon guru bahasa Indonesia
dalam menerapkan model-model pembelajaran inovatif untuk membentuk karakter siswa. Model pembelajaran
mikro inovatif ini, memiliki tiga konsep utama , yaitu penelitian atau inquiry, pengetahuan atau knowledge, dan
dinamika belajar kelompok atau the dynamics of the learning group. Dalam interaksinya model ini melibatkan
berbagai proses berbagai ide dan pendapat serta saling tukar pengalaman melalui proses argumentasi dalam
diskusi.
Kata Kunci: pengembangan model, pembelajaran mikro inovatif, kompetensi pedagogik, calon guru bahasa
Indonesia
PENDAHULUAN
latihan seharusnya menjadi wadah pematangan mental dan karakter mahasiswa calon guru bahasa dan sastra
namun pada kenyataannya, pembelajaran mikro belum tergali secara maksimal. Mahasiswa masih kesulitan
dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan
menemukan hal-hal yang menjadi kebutuhan materi perkuliahan micro teaching, mahasiswa dan dosen
berkenaan dengan pengembangan draf model pembelajaran mikro inovatif, dan menemukan karakteristik model
pembelajaran mikro inovatif yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik calon guru bahasa Indonesia
dalam menerapkan model-model pembelajaran inovatif untuk membentuk karakter siswa. Model pembelajaran
mikro inovatif ini, memiliki tiga konsep utama , yaitu penelitian atau inquiry, pengetahuan atau knowledge, dan
dinamika belajar kelompok atau the dynamics of the learning group. Dalam interaksinya model ini melibatkan
berbagai proses berbagai ide dan pendapat serta saling tukar pengalaman melalui proses argumentasi dalam
diskusi.
Kata Kunci: pengembangan model, pembelajaran mikro inovatif, kompetensi pedagogik, calon guru bahasa
Indonesia
PENDAHULUAN
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.