KEEFEKTIFAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU RUMPUN BAHASA SD-SMP SATU ATAP (SATAP) DI WILAYAH TIMUR
(1) STKIP Siliwangi Bandung, UNSIL Tasikmalaya, Dirjen GTK Kemdikbud
(2) STKIP Siliwangi Bandung, UNSIL Tasikmalaya, Dirjen GTK Kemdikbud
(3) STKIP Siliwangi Bandung, UNSIL Tasikmalaya, Dirjen GTK Kemdikbud
Abstract
Penelitian survei ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan program peningkatan kompetensi guru rumpun bahasa SD-SMP satu atap (SATAP) di Wilayah Timur yang mencakup: (1) penjaringan kemampuan awal dan akhir peserta program pelatihan; (2) penyelenggaraan program pelatihan; dan (3) tingkat kepuasan peserta terhadap program pelatihan. Data penelitian mencakup data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan berlangsung secara efektif. Keefektifan tersebut tampak pada: (1) penjaringan kemampuan awal dan akhir peserta program pelatihan meningkat 35%, dari 49% menjadi 84% termasuk kategori sangat baik; 2) penyelenggaraan program pelatihan 84%, kategori sangat baik; dan (3) tingkat kepuasan peserta terhadap program pelatihan 58% menyatakan sangat puas, dan 29% menyatakan puas. Hasil penelitian merekomendasikan pentingnya monitoring dan evaluasi ke sekolah secara berkala dan berkesinambungan. Hasil monitoring dan evaluasi ini menjadi masukan bagi pengambilan keputusan penyelenggaraan program di masa mendatang.
Survey research aims to describe the effectiveness of programs to increase the competence of SD-SMP Satu Atap (SATAP)language teachers in the eastern region which includes: (1) networking capabilities beginning and end of the training program participants, (2) the implementation of training programs, and (3) the level of satisfaction of the participants of the training program. Data study includes quantitative and qualitative data. The qualitative data were analyzed with descriptive techniques, while quantitative data were analyzed using simple statistical analysis techniques. The results showed that the training program is effective. The effectiveness shown in: (1) networking capabilities beginning and end of the training program participants increased by 35%, from 49% to 84% are very good, (2) the implementation of training programs 84%, are excellent, and (3) the level of satisfaction participants of the training program 58% are very satisfied, and 29% are expressed satisfaction. The results of the study recommended the importance of monitoring and evaluation to school regularly and continuously. Monitoring and evaluation results become input for decision making implementation of the program in the future.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2008. Panduan Pelaksanaan Pengembangan SD-SMP Satu Atap. Jakarta: Depdiknas.
Haninrachma, Della dan Munoto. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di Kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Lamongan. E-Journal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 06, Nomor 01, hlm. 53-60.
Indonesia Ministry of National Education. 2008. Panduan Pelaksanaan Pengembangan SD-SMP Satu Atap Program Australia-Indonesia Basic Education Program (AIBEP). Jakarta: Ministry of National Education.
Kornelius, dkk. 2014. Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 27 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. E-Journal Administrative Reform.Volume 3, Nomor 3, hlm. 1811-1823.
Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 045/U/2002.
Mustika, Ika. 2013. Sikap Profesional Pendidik Bahasa Indonesia sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. SEMANTIK, Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung. Volume 2, Nomor 2, hlm. 47-54.
Muslich, Masnur. 2010. Authentic Assessment : Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 UU tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pujiono, Setyawan. 2014. Kesiapan Guru Bahasa Indonesia SMP dalam Implementasi Kurikulum 2013. LITERA, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 13, Nomor2, hlm. 250-263.
Rahmadhani, Reni. 2014. Pengaruh Pelatihan Pengembangan, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Volume 3, Nomor 6, hlm. 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.