PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI LIPIRTUP MELALUI MEDIA REALITY SHOW “MY TRIP MY ADVENTURE”
(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unnes
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unnes
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah menulis cerpen menggunakan strategi Lipirtup melalui media reality show “My Trip My Adventure” pada siswa kelas X-D MA PPKP Darul Ma’la Winong. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67,5 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87 atau dalam kategori sangat baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat sebesar 14,5 atau 21,5%. Peningkatan menulis cerpen juga diikuti dengan perubahan sikap belajar siswa yang lebih baik selama proses pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Lipirtup melalui media reality show “My Trip My Adventure”.
The purpose of this research is to describe the improvement of writing ability in short story and describe the transition of students attitude after writing in short story by using Lipirtup strategy through reality show “My Trip My Adventure” media at the X-D class of MA PPKP Darul Ma’la Winong. This research is conducted in two cycles, these are cycle I and cycle II. Every cycle includes planning, action, observation an reflection. The instrument of this research are test and non test. The technique of data analysis in this research uses quantitative and qualitative technique. The result of this research shows that the average score in cycle I is 67,5 in sufficient category and in cycle II shows the improvement around 87 in very good category. In cycle I and cycle II shows the improvement around 14,5 or 21, 5%. Improving writing ability in short story is also followed by the transition of students attitude in study that more better in teaching and learning process of writing short sory by using Lipirtup strategy through reality show “My Trip My Adventure” media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhiansih, Frian Yeslia. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Melalui Teknik Pengandaian Diri Sendiri Sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X-2 SMA Dian Kartika Semarang”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Cuesta. 2010. Short Story Student-Writers: Active Roles in Writing Through the Use of E-Portofolio Dossier. Colombian Applied Linguistics Journal, Number 12-ISSN 0123-464. Pages 99-115, Received 14-11-2009 / Accepted 27-01-2010. Diunduh pada 22 Maret 2015, pukul 20.55 WIB.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Meirina, Eka. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Strategi Lipirtup pada Siswa Kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Mu’minin, Muh. 2009. Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Kontekstual dengan Strategi Lipirtup di SMP. Jurnal Prospektus, Tahun VII Nomor 1. (Online) ejournal.unirow.ac.id/ojs/files/journals Diunduh pada 15 Januari 2015, pukul 18.30 WIB.
Natalia, Yustika Dewi. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Pendekatan Proses Kreatif Melalui Media Reality Show “Orang Pinggiran” pada Siswa Kelas X-2-6 SMA Negeri 3 Pekalongan”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Papacharissi, Zizi dan Andrew L. Mendelson. 2007. An Exploratory Study of Reality Appeal: Uses and Gratification of Reality TV Shows. Journal of Broadcasting & Electronic. Vol. 54 No. 1, March. Diunduh pada 8 Februari 2015, pukul 15.10 WIB.
Ratmandani, Geta. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Teks Berita Melalui Model Pembelajaran Team-Assited Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X-2-2 SMA N 1 Karangged”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Suharianto. 2005. Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
Sukino . 2009. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.