MODEL KOGNITIF READING COMPREHENSION DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
(1) 
Abstract
Perkembangan peradaban modern tidak bisa dipisahkan dengan peran penting
kegiatan membaca yang memungkinkan pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Dalam masyarakat yang literate
membaca menjadi imperatif karena begitu banyak hal yang perlu untuk
diketahui atau dikuasai, dikomunikasikan melalui teks tulis. Bertalian dengan
kenyataan ini, kurikulum bahasa Inggris untuk sekolah formal di Indonesia yang
sekarang berlaku mengadopsi perspektif literasi dan keterampilan hidup (life
skills) guna membekali siswa untuk bisa berpartisipasi dalam kehidupan
masyarakat modern. Membaca berurusan dengan pemahaman literal,
inferensial, evaluasi, serta apresiasi suatu teks tulis. Jenis- jenis teks tulis yang
digunakan sebagai bahan pembelajaran diupayakan sedekat mungkin
menyerupai teks yang paling lazim ditemui dalam kegiatan membaca yang
sesungguhnya dalam kehidupan sehari hari.
Kata Kunci: literasi, pemahaman literal,pemahaman inferensial, evaluasi,
apresiasi
kegiatan membaca yang memungkinkan pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Dalam masyarakat yang literate
membaca menjadi imperatif karena begitu banyak hal yang perlu untuk
diketahui atau dikuasai, dikomunikasikan melalui teks tulis. Bertalian dengan
kenyataan ini, kurikulum bahasa Inggris untuk sekolah formal di Indonesia yang
sekarang berlaku mengadopsi perspektif literasi dan keterampilan hidup (life
skills) guna membekali siswa untuk bisa berpartisipasi dalam kehidupan
masyarakat modern. Membaca berurusan dengan pemahaman literal,
inferensial, evaluasi, serta apresiasi suatu teks tulis. Jenis- jenis teks tulis yang
digunakan sebagai bahan pembelajaran diupayakan sedekat mungkin
menyerupai teks yang paling lazim ditemui dalam kegiatan membaca yang
sesungguhnya dalam kehidupan sehari hari.
Kata Kunci: literasi, pemahaman literal,pemahaman inferensial, evaluasi,
apresiasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.