Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Perkembangan Motorik melalui Media Film Animasi
(1) Universitas Sebelas Maret Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(2) Universitas Sebelas Maret Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kompetensi siswa dalam subyek pembangunan motor melalui media film animasi. Percobaan dilakukan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Desain penelitian ini terdiri dari empat komponen yang saling terkait: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Tindakan dalam penelitian ini meningkatkan kompetensi siswa dalam subyek dari perkembangan motorik melalui media film animasi. Berdasarkan analisis dan refleksi pada siklus tindakan yang telah dilaksanakan maka diperoleh kesimpulan berikut: (1) Penggunaan media film animasi dapat mengoptimalkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran perkembangan motorik, (2) meningkatkan antusiasme dan ketertarikan siswa dalam belajar perkembangan motorik, (3) Siswa memperoleh kepuasan setelah menghadiri perkembangan motorik belajar.
Kata Kunci: kompetensi mahasiswa; perkembangan motorik; film animasi
Â
This research aims to optimize the student competence in the subject of motor development through the medium of film animation. The experiment was conducted using action research design. This research design consisted of four interrelated components: planning, implementation of the action, observation and reflection on each cycle. Action in this research improving student competence in the subject of motor development through the medium of film animation. Based on analysis and reflection on cycles of action which has been implemented then obtained the following conclusions: (1) The use of animated film media can optimize student competence in subjects motor development, (2) Increased student enthusiasm and interest in learning motor development, (3) Students obtain satisfaction after attending learning motor development.
Keywords: student competence; motor development; animation film
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R. & Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Coker, C.A. 2004. Motor Learning and Control for Practitioners. Boston: Mc Graw Hill
Depdiknas. 2004. Pola Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Pendidikan Jasmani Jenjang S-1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Dikti Depdiknas
Ma'mun, A. & Saputra,Y.M. 2000. Perkembangan Gerak dan Proses Belajar Gerak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Soedarsono. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Bagian Kedua: Rencana, Desain dan Implementasi. Yogyakarta: Ditjen Dikti Depdikbud
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.