Perbedaan Pengaruh Pendekatan Direct Instruction (Di) dan Teaching Game for Understanding (Tgfu) terhadap Hasil Bermain Bola Basket Ditinjau dari Minat Siswa
(1) Universitas Sebelas Maret
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan DI dan TGfU terhadap hasil bermain bola basket. (2) Perbedaan hasil bermain bola basket antara siswa yang memiliki minat bola basket tinggi, sedang dan rendah. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat terhadap hasil bermain bola basket. Penelitian menggunakan metode eksperimen rancangan faktorial 2 X 3. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cipari Kabupaten Cilacap yang berjumlah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, besar sampel yang diambil yaitu sebanyak 30 siswa. Pengambilan data bermain bola basket dengan tes bermain bola basket. Pengambilan data dilakukan dengan Games Performance Assessment Instrument (GPAI). Pengambilan data minat siswa menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varians dua jalur dan uji rentang Newman Keuls, pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan DI dan pendekatan TGfU terhadap hasil bermain bola basket. Pengaruh pendekatan TGfU lebih baik dari pada dengan pendekatan DI. (2) Ada perbedaan yang signifikan pada hasil bermain basket antara siswa yang memiliki minat tinggi, sedang dan rendah. Peningkatan bermain bola basket pada siswa yang memiliki minat tinggi lebih baik dari pada yang memiliki minat sedang dan rendah. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan minat terhadap permainan basket. (a) Siswa yang memiliki minat tinggi dan sedang lebih cocok jika diberikan pendekatan TGfU. (b) Sedangkan siswa yang memiliki minat basket rendah lebih cocok menggunakan pendekatan DI.
Full Text:
PDFReferences
Agus Kristiyanto. 2012. Pembangunan Olahraga: Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Kejayaan Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Annarino, A. A. Cowell, C. C., dan Hezelton, H. W.. (1980). Curricullum Theory and Design in Physical Education. St. Lois: Moby Company.
Arends, R.I.. 2001. Exploring Teaching: An Introduction to Education. New. York: Mc Graw-Hill Companies.
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Bermawi Munthe. 2009. Desian Pembelajaran. Jogjakarta: Insan Madani.
Butler, J. & Griffin, L. 2010. More teaching games for understanding: Theory, Research and Practice. Champaign, IL: Human Kinetics.
Butler, J., Griffin, L., Lombardo, B., & Nastasi, R. 2003. Teaching games for understanding in physical education and sport. NAPSE.
Caly Setiawan & Soni Nopembri. 2004. “Teaching Games for Understanding (TGfU) (Konsep dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani). Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Kelohragaan. Volume 3 Nomor 2 Agustus 2004. Jakarta : Depdiknas. Ditjora.
Danny Kosasih (2008). Fundamental Basketball A First Step To Win. Semarang: CV. Elwas Offset.
David Bunker dan Rod Thorpe. 1982. Rethinking Games Teaching. Loughborough, Leicestershire: Dept. Of Physical Education and Sports Science. Unyversity of Technology.
David L. Gallahue & John C. Ozmun. 1997. Understanding Motor Development: Infant, Children, Adolescent, Adults. New York: McGraw Hill
Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ella Yulaelawati. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
FIBA Central Board. 2008. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA
Forrest, Webb dan Pearson. 2008. An Integrated Approach To Teaching Games for Undertsanding (TGfU). http://ro.uow.edu.au/edupapers/52 diakses hari Sabtu 9 Mei 2015 pukul 13.45 WIB.
Griffin, Linda L., Mitchell, Stephen A., Oslin, Judith L. 1997. Teaching Sport Concepts and Skill. United States of America: Human Kinetics
Hall Wissel. (1996). Bola basket. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Heri Rahyubi. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Holt, N. L., Strean, W. B., & García Bengoechea, E. 2002. Expanding the teaching games for understanding model: New avenues for research and practice. Journal of Teaching in Physical Education. 21, 162-176. Journal of Teaching in Physical Education, 21, 162-176.
Huitt, W., Monetti, D., & Hummel, J. 2009. Designing direct instruction. Pre-publication version of chapter published in C. Reigeluth and A. Carr-Chellman, Instructional-design theories and models: Volume III, Building a common knowledgebase (73-97).
Jewett, A.E., & Bain, L.L. 1985. The Curriculum process in the Physical Education. Dubuque, IA: Wm. C. Brown.
Jon, Oliver. 2007. Dasar-dasar bola basket. Bandung: Pakar Raya.
Joyce, Bruce. and Weil, Marsha. 1996. “Models of Teaching. Boston: Allyn and and Bacon Pearson Education Company.
Joyce, B.. Weil, M., & Calhoun, E. 2000. Models of Teaching. New York: Allyn and Bacon Pearson Education Company.
Memmert, Daniel dan Harvey, Steve. 2008. The Game Performance Assessment Instrument (GPAI): Some Concerns and Solutions for Further Development. Human Kinetics: Journal of Teaching in Physical Education, 2008, 27, 220-240.
Metzler, Michael W. 2000. Instructional Models for Physical Education. United States of America: Allyn and Bacon.
Mitchell, Stephen A., Oslin, Judith L., Griffin, Linda L.2003. Teaching Sport Concepts and Skills: A Tactical Games Approach”. Illinois, Human Kinetics.
Pearson, P., Webb, P. 2008. “An Integrated Approach to Teaching Games for Understanding (TGfU)”.
Robbins Stephen P., Timothy A. Judge. 2009. Orgnizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Robert E. Slavin. 2003. Educational psychology : theory and practice - 7th ed. Boston: Allyn and Bacon.
Saryono & Soni Nopembri. 2009. Gagasan dan Konsep Dasar Teaching Games for Understanding. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Hlm.87-95
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarwan Danim. 2002. Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana. 1994. Disain dan Analisis Eksperimen. Edisi II. Bandung: Tarsito
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Edisi kelima. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Vic Ambler. (1990). Petunjuk Untuk Melatih dan Pemain Bolabasket. Bandung: Tarsito
Yelon & Weinstein. 1997. A Teacher’s World: Psycology in The Classroom. Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha Ltd.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.