PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP MASUK TERHADAP EFISIENSI VOLUMETRIK RATA - RATA PADA MOTOR DIESEL ISUZU PANTHER C 223 T
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Mesin diesel mesin empat langkah pada kondisi idealnya dapat mengisap udarapada langkah hisap sebanyak volume langkah pistonnya. Namun pada kenyataannyaudara yang masuk ke ruang bakar tidak sebanyak itu. Metode yang digunakan dalampenelitian adalah eksperimen untuk mengetahui besarnya efisiensi volumetrik rata-ratamenggunakan alat Air Box Meter pada ukuran celah katup masuk 0,2 mm; 0,3 mm; 0,4mm; 0,5 mm; dan 0,6 mm dan pengujian mesin pada 1000, 1200, 1400, dan 1600 rpm.Hasil penelitian menunjukkan variasi penyetelan celah katup masuk mempengaruhiefisiensi volumetric motor diesel.
Kata kunci: celah katup, efisiensi volumetrik, diesel
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.