PENGEMBANGAN ALAT PERAGA WIRELESS HEADLAMP SYSTEM PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN BODI

Muhammad Bisri Musthofa(1),


(1) Semarang State University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan alat peraga wireless headlamp system yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Dalam uji coba yang dilakukan, penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek uji coba berjumlah 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif yang sedang atau sudah mengikuti mata kuliah praktik kelistrikan bodi. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal sejumlah 30 butir soal untuk mengetahui keefektifan dan angket untuk mengetahui kelayakan alat peraga. Hasil validasi alat peraga memperoleh nilai persentase rata-rata 81,25% dari ahli media dan 88,20% dari ahli materi. Penilaian ahli media memperoleh kriteria layak dan ahli materi mendapat penilaian sangat layak. Hasil uji coba pada mahasiswa terbukti efektif yaitu nilai rata-rata pretest sebesar 54,94 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,94, selisih nilai rata-rata sebesar 30 dengan perentase sebesar 54,60%, berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 6,33 dan ttabel sebesar 2,00 pada db=19 dan (α)= 5% (thitung > ttabel). Hasil dari penelitian didapatkan alat peraga wireless headlamp system sangat layak dan efektif digunakan.

Keywords

Pengembangan, Alat Peraga, Headlamp, Wireless

Full Text:

PDF

References

Andriyan, K., Abdurrahman dan Yudiono H. 2013. Peningkatan Pemahaman tentang Kerja Diferensial dengan Menggunakan Media Peraga Differential Cutting. Automotive Science and Education Jurnal. ASEJ 2(1). 1-4.

Annisah, S. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Volume 11. Nomor 1: 1-15.

Geier, J. 2005. Wireless Network First-Step. Yogyakarta: ANDI.

Hadinata, S. dan Wijaya, M. B. R. 2011. Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Kelistrikan Bodi Sepeda Motor Menggunakan Media Peraga (The Competence Improvement of Diagnosing Motor Cycle Body Electrical System Using Visual Aid). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11 (1). 44-48.

Hariwung A.J. 1989. Supervisi Pendidikan. Dependikbud Ditjend Pendidikan Tinggi Proyek PLPTK: Jakarta.

Kusari, dan Wahyudi. 2011. Penerapan Peraga Berbasis Light Emitting Diode pada Pembelajaran Cara Kerja Motor Stater Tipe Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11(1): 21-24.

Maulana, S. C dan Hadromi. 2014. Penerapan Alat Peraga Motor Stater Tipe Reduksi berbasis LED untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Automotive Science and Education Jurnal. ASEJ 3 (2). 1-6.

Raharema, N. R. A. dan Salsabila. 2016. Portable Wireless Sign Lamp for Bicycle Helmet. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, ISSN : 2302-3805. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Widjanarko, D. Abdurrahman. Dan Wahyudi 2010. Penerapan Panel Peraga Multi Fungsi Sistem Kelistrikan Bodi Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Bidang Kelistrikan Bodi (The Application of Multifunctional Teaching Aid of Body Electrical System To Improve Students’ Competence in Body Electrical Field). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 10 (1): 4-11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License